Menag Dimintai Testimoni MHQH untuk Tayang di Televisi Saudi

By Admin

nusakini.com-- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin diminta memberikan testimoni terkait penyelenggaraan Musabaqah Hafalan al-Quran dan Hadits (MHQH) Pangeran Sulthan bin Abdul Aziz Alu Suud. 

Permintaan ini disampaikan Menteri Agama Islam Kerajaan Saudi Arabia melalui Atase Agama Arab Saudi yang baru, Saad Al-Namase saat berkunjung ke Kantor Kementerian Agama. Menurutnya, testimoni yang diminta baik terkait dengan MHQH tingkat Nasional maupun Asia Pasifik yang selama ini diselenggarakan di Jakarta. 

"Testimoni tersebut rencananya akan kami siarkan di televisi di Saudi" terang Saad di Jakarta, Kamis (29/12). Saad yang menggantikan Atase lama, Syekh Ibrahim Annughamsi, dalam kesempatan tersebut didampingi Deputi Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Alkhenini. 

Dalam Silaturahim tersebut, dibahas pula rencana penyelenggaraan MHQH tahun 2017. Sampai tahun 2016, MHQH tingkat Nasional telah dilaksanakan 8 kali, sedang tingkat Asia Pasifik 7 kali. Semuanya diselenggarkaan di Jakarta. 

Saad juga menginformasikan rencana kedatangan Menteri Agama Islam dan Menteri Haji Kerajaan Arab Saudi dalam waktu dekat ke Indonesia. 

Terkait permintaan testimoni, Menag menyatakan kesediaannya. "Kami atas nama Pemerintah Indonesia, menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas Musabaqah yang diselenggaraan Kerajaan Saudi di Indonesia. Manfaatnya sangat besar," katanya. 

Menag juga menyampaikan terima kasih atas rencana kunjungan Menag dan Menteri Haji Saudi ke Indonesia. Bahkan Menag berharap, Raja Salman dalam waktu dekat berkenan berkunjung ke Indonesia. 

Menag Lukman dijadwalkan akan berkunjung ke Arab Saudi pada awal Januari 2017 guna membahas persiapan haji 1438H/2017M dengan Menteri Haji Arab Saudi. 

Turut mendampingini Menag dalam pertemuan ini, Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Ditjen Bimas Islam, Muchtar Ali dan Sesmen Khoirul Huda. (p/ab)