nusakini.com--Ada yang berbeda di Masjid Al Afaf Tebet Utara dini hari tadi. Ribuan jemaah memadati masjid hingga halaman, serta jalan dan gang untuk mengikuti Shalat Subuh Berjamaah. 

Mereka yang datang adalah jemaah dari berbagai Majelis Taklim se-Jabodetabek. Kebanyakan mengenakan baju putih, mereka hadir memanuhi undangan Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. 

Tampak di antara ribuan jemaah yang hadir, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Mengenakan baju putih dipadu peci dengan warna yang sama, Menag tiba di Masjid Al Afaf Tebet Jakarta Selatan sekitar pukul 04.00 WIB. Sembari menunggu waktu Shubuh, Menag mengambil tempat yang telah disediakan panitia, sebelah Habib Ali Bin Abdurahman Assegaf. 

Selain Menag, tampak hadir juga Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Menyusul kemudian calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono dan Anies Baswedan. Shalat Shubuh Berjamaah dan Peringatan Maulid ini juga diikuti para habaib dan ulama di Jabodetabek. 

Memasuki waktu Shubuh, ribuan umat yang telah hadir mengikuti Shalat Subuh berjamaah. Usai Shalat, acara dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dipimpin oleh Habib Hasan Assegaf. Sebuah spanduk besar membentang, mengabarkan tema peringatan Maulid Nabi 1438H/2016M, yaitu: "Kita Bela Negara Kesatuan Republik Indonesia". (p/ab)