Membuka Gerbang Kerjasama Industri Pertahanan Melalui Kunjungan Ke Cugir

By Abdi Satria


nusakini.com-​Cugir-Dalam rangka melakukan penjajakan kerja sama di bidang pertahanan antara Indonesia dan Rumania, tim KBRI Bucharest lakukan kunjungan ke pabrik senjata api di Cugir.

Cugir merupakan pusat produksi senjata api (baik laras panjang maupun pendek), dan amunisi bagi industri pertahanan Rumania, maupun yang dipergunakan oleh masyarakat sipil. 

Site visit pada kunjungan kerja tersebut dilakukan ke 2 (dua) anak perusahaan ROMARM, yaitu: Fabrica de Arme dan Uzina Mecanica. Beberapa senjata unggulan bagi infanteri, antara lain submachine guns, assault rifles, light machine guns, sniper rifles, machine guns, pistols. 

ROMARM memproduksi 2 (dua) tipe amunisi, yaitu standar NATO dan Rusia. Produk amunisi ROMARM memiliki akurasi tinggi dan presisi dalam velocity, dan telah diuji coba di Swedia. Lebih lanjut, turut dijajaki kerja sama alih teknologi dengan PT. PINDAD. Research and development (R&D) persenjataan terus dikembangkan di Cugir sebagai pionir produk berteknologi tinggi baik di Rumania maupun high quality dengan standarisasi NATO. 

Kunjungan KBRI Bucharest kali ini disambut oleh State Secretary Kementerian Ekonomi, Energi, dan Pengembangan Bisnis Rumania, Iulian Cristian Simu, yang sangat antusias untuk menjalin kerja sama lebih lanjut di kawasan Asia Tenggara.

Indonesia hadir di saat yang tepat karena Rumania membutuhkan mitra bagi ekspansi di negara-negara yang membutuhkan alat-alat dan perlengkapan militer dengan standarisasi dan teknologi yang canggih. Secara spesifik disampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan untuk transfer teknologi, peningkatan kapasitas, dan penyesuaian berdasarkan permintaan.(p/ab)