Memberikan Rasa Aman, Mentan Siapkan Rp4,1 T Buat Asuransi Petani dan Peternak

By Admin


nusakini.com-Makassar-Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkapkan pihaknya selalu ingin memberikan rasa aman buat petani dan peternak agar lebih fokus meningkatkan produksinya. Itulah mengapa Mentan menyiapkan anggaran untuk asuransi bagi para petani dan peternak di Indonesia yang setiap tahunnya mencapai Rp4,1 triliun. 

Mentan menjelaskan, anggaran yang disiapkan untuk asuransi petani itu bersumber dari APBN yang juga merupakan hasil atau sumbangsih penghematan yang dilakukan kementerian pertanian di antaranya peniadaan anggaran pembelian mobil, pengecekan kantor, dan acara seremonial yang dianggap tidak perlu.

"Jadi kita mencover para petani dan peternak dengan asuransi untuk memberikan rasa aman melakukan produksi etiap tahun," kata Mentan Amran Sulaiman usai memberikan motivasi bagi mahasiswa Universitas Cokroaminoto di Makassar, Jumat (2/11).

Untuk asuransi ini sendiri, kata dia, bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi petani atas bencana alam, banjir, kekeringan yang membuat tanaman puso, termasuk bagi asuransi peternak yang ditanggung jika hewan peliharaannya mati.

"Untuk anggaran tahun depan belum ditetapkan, namun tetap ada. Kami sebelumnya hanya fokus untuk sawah tapi kini sudah ada juga asuransi sapi.Ini merupakan komitmen Presiden untuk kesejahteraan rakyat," ujarnya. (p/ab)