Membaiknya Harga Minyak, Momentum Bagi Indonesia Untuk Berperan Lebih Besar Di OPEC

By Admin

nusakini.com--Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, hari ini, Kamis (2/6) hadir pada Sidang OPEC ke-169 di Vienna, Austria. Sidang OPEC kali ini berlangsung di tengah momentum kenaikan harga minyak dunia yang telah menembus angka USD50/liter. Presiden OPEC yang juga Menteri Energi dan Industri Qatar, Dr. Mohammed Al-Sada memimpin secara langsung sidang ini. 

Dalam sambutannya, Presiden OPEC menyampaikan bahwa sejak terakhir pertemuan Vienna 4 Desember 2015 kita melihat harga minyak dunia lebih berfluktuasi. “Harga referensi OPEC jatuh dari USD38/barrel di Desember 2015 menjadi hanya sedikit di atas USD22/barrel di Januari 2016, kemudian naik di atas USD40/barrel di April dan terus naik lebih tinggi di Mei,” ujar Al-Sada.  

"Perkembangan harga saat ini cukup menggembirakan, khususnya jika dilihat dari sisi investasi yang diperlukan untuk keberlanjutan industri minyak dan gas bumi di masa depan", tambah Al-Sada. 

Sementera itu, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said menyampaikan bahwa pada Sidang OPEC yang ke-169 ini, Indonesia akan menjalankan peran terbaiknya untuk OPEC. "Kami akan berkontribusi terbaik dalam sidang ini untuk perkembangan OPEC ke depan", pungkas Sudirman. 

Sidang OPEC ke -169 selain dihadiri Menteri ESDM, Sudirman Said juga dihadiri Gubernur Al Jazair untuk OPEC sebagai Ketua Sidang Dewan Gubernur OPEC, Mohamed Hamel dan Pelaksana Sekretaris Jenderal OPEC, Abdalla Salem El-Badri. Sidang OPEC kali ini membahas tiga tema utama yakni, permasalahan internal OPEC, strategi jangka panjang menghadapi dinamika harga minyak dan kerjasama dengan lembaga internasional dan negara-negara non-OPEC, serta pemilihan Sekretaris Jenderal OPEC periode 3 tahun ke depan (2016 - 2019). (p/ab)