Megah Bintang Mahadinah Mirdan Putri, Puteri Kepsek SMAN 20 Makassar Juara Lomba Diplomasi Internasional

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Mahasiswi asal Sulawesi Selatan, Megah Bintang Mahadinah Mirdan Putri mencetak prestasi membanggakan dengan meraih juara lomba diplomasi internasional dengan topik Turki Bergabung di Uni Eropa, 21-23 Agustus. Puteri kepala sekolah SMAN 20 Makassar, Mirdan Midding, saat ini tercatat sebagai mahasiswi jurusan hubungan internasional Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang. 

Lomba ini dikuti oleh perwakilan kampus di 28 negara Asia dan Eropa. Kepada nusakini.com, Senin (24/8), Mirdan mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi sang puteri. Menurut Mirdan, prestasi yang dicapai Eghy, panggilan akrab sang puteri, merupakan bagian dari proses belajar menjadi seorang diplomat sesuai cita-cita sejak kecilnya. Sebelum menimba ilmu di Jepang, Eghy pernah tercatat sebagai mahasiswi di Universitas Hasanuddin dan Universitas Indonesia. Selain fasih berbahasa Inggris dan Jepang, Eghy kini sedang belajar untuk menguasai bahasa Spanyol. 

 "Saya selalu memberikan nasehat dan motivasi untuk terus berkarya dengan mengikuti berbagai lomba. Baik di kampus maupun level internasional seperti yang baru saja ia ikuti," terang Mirdan yang baru saja menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga sebagai tokoh yang berkomitmen dengan program sekolah ramah anak.

Mirdan pun berharap Eghy tetap menjadi anak Indonesia yang sederhana dan santun di negeri orang. "Saya tekankan kepada Megah agar selalu merendah pada ketinggian. Jangan lalai dalam beribadah dan terus kejar impianmu untuk Indonesia," tutur Mirdan yang pada 2017 silam meraih penghargaan sebagai Kepsek Terinovatif versi Harian FAJAR. Penghargaan yang mengantar Mirdan mengunjungi sejumlah kota di Australia pada 2018. (ab)