Masuk Asrama 14 Juni, Embarkasi Batam Siap Layani 5.371 Jemaah Haji

By Abdi Satria


nusakini.com-Batam-Embarkasi Batam siap melayani 5.371 jemaah haji. Mereka berasal dari empat provinsi, yaitu Riau (2.304), Jambi (1.328), Kalimantan Barat (1.150), dan Kepulauan Riau (589).

Kepastian kesiapan Embarkasi Batam disampaikan Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik dan Wibowo Prasetyo usai melakukan peninjauan lapangan. "Secara umum, Embarkasi Batam siap berikan layanan terbaik bagi jemaah haji 1443 H/2022 M, baik SDM petugas maupun sarana prasarana dan fasilitas lainnya," terang Wibowo di Batam, Sabtu (21/5/2022). Ikut dalam peninjauan Kepala Kanwil Kemenag Kepulauan Riau Mahbub Daryanto beserta jajaran dan Kepala Kanwil Kemenag Jambi Zoztafia.

"Jemaah haji dijadwalkan mulai masuk asrama Embarkasi Batam pada 14 Juni 2022. Semua kamar tidur dengan kamar mandinya siap digunakan. Kebutuhan air bersih saya minta diperhatikan betul agar jangan sampai terganggu alirannya. Masjid, ruang makan, dan wastafel dan sabun cuci tangan disediakan," sambungnya.

Menurut Wibowo, masih ada sekitar 20 hari persiapan, tim Embarkasi bersama para petugas Kanwil Kemenag Provinsi tengah melakukan finalisasi penyiapan dokumen dan visa jemaah haji. Bersama Tim Kementerian Kesehatan, mereka juga terus mendorong percepatan vaksinasi booster bagi jemaah.

"Poliklinik, tenaga kesehatan, dan peralatannya, dipastikan semua sudah siap sebelum jemaah masuk asrama," tegasnya.

"Nantinya, boarding dan X-Ray juga akan disediakan di asrama haji," lanjutnya.

Jemaah yang berangkat dari Embarkasi Batam akan terbang dengan Saudi Arabian Airlines. Selain Batam, ada 4 embarkasi haji lainnya yang dilayani Saudia, yaitu Palembang, sebagain Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, dan Surabaya. Total Saudi Arabian Airlines akan memberangkatkan 45.866 jemaah.(rls)