Mario Mandzukic, Jiwa Permainan Kroasia

By ommed


nusakini.com - Memiliki peran sebagai ujung tombak dalam formasi "Pohon Natal" Kroasia, Mario Mandzukic tak kunjung mencetak gol dalam 176 menit bermainnya di Piala Dunia 2018.

Meski begitu perannya tak tergantikan, entah oleh Andrej Kramaric atau Ante Rebic. Pelapis langsungnya, Nikola Kalinic, bahkan tak segan dipulangkan tatkala bertindak indisipliner.

Kroasia pun jadi salah satu penampil terbaik di babak fase grup Piala Dunia 2018, dengan sukses menjuarai Grup D mengangkangi favorit juara, Argentina.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, lantas menegaskan bahwa tak masalah terhadap fakta Mandzukic yang kunjung catatkan namanya di papan skor. Baginya, Dijlkos (Si Sombong & Keras) merupakan jiwa permainan timnya.

"Entah berhasil mencetak gol atau tidak, Mandzukic merupakan jiwa permainan Kroasia. Dia benar-benar mendorong kami, dia adalah benteng pertama pertahanan kami," sanjung Dalic, seperti dilansir FIFA.

"Mandzukic mungkin tidak kerap mencetak gol, tapi saya amat berharap dia bisa melakukannya melawan Denmark [di babak 16 besar] atau di fase yang lebih penting nanti. Saya sudah mengatakannya di Amerika Serikat kemarin bahwa posisinya adalah penyerang, bukan winger [seperti di Juve].

"Mandzukic sangatlah penting bagi keseluruhan tim ini dan kami sangat mengapresiasi hal itu," tegasnya. (fft/om)