Mantan Perdana Menteri Malaysia Dirawat di Rumah Sakit

By Nad

nusakini.com - Internasional - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad telah dirawat kembali di rumah sakit dan dirawat di unit perawatan intensif, tetapi dia dalam kondisi stabil, kata putrinya, Sabtu (22/1).

Perdana menteri dua kali berusia 96 tahun itu, yang telah keluar minggu lalu setelah operasi, dirawat di Institut Jantung Nasional di Kuala Lumpur pada hari Kamis (20/1), kata Marina Mahathir.

"Kondisinya stabil dan dia merespon pengobatan dengan baik," katanya dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, juru bicara Mahathir mengkonfirmasi dalam pesan teks bahwa dia sedang dirawat di unit perawatan koroner rumah sakit.

Gerombolan personel media telah turun ke rumah sakit ketika spekulasi berputar tentang status kesehatan Mahathir.

Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob termasuk di antara mereka yang mengunjungi negarawan tua itu. Dia men-tweet foto pertemuannya dengan istri dan putra Mahathir.

Ini adalah ketiga kalinya Mahathir dirawat di rumah sakit sejak Desember, ketika ia menghabiskan seminggu di rumah sakit untuk serangkaian pemeriksaan medis. Dia pulang pada 23 Desember.

Dia kemudian dirawat di rumah sakit yang sama pada 7 Januari dan menjalani "prosedur medis elektif" pada hari berikutnya sebelum dipulangkan pada 13 Januari.

Mahathir terakhir terlihat di depan umum pada 12 Desember ketika memoar terbarunya diterbitkan.

Mahathir memiliki banyak gangguan kesehatan di masa lalu. Dia menjalani bypass jantung pertamanya pada tahun 1989, dan yang kedua pada tahun 2007.

Setelah menjabat sebagai perdana menteri selama 22 tahun, Mahathir mengundurkan diri pada tahun 2003. Dia menjadi perdana menteri untuk kedua kalinya pada usia 92 tahun pada tahun 2018 setelah bergabung dengan oposisi dan secara mengejutkan menggulingkan koalisi Front Nasional yang berkuasa lama dalam pemilihan umum.

Tapi masa jabatannya berlangsung kurang dari dua tahun karena pemerintahannya runtuh karena pembelotan politik. (Kyodo/dd)