Manny Pacquiao Pensiun dari Karir Tinju untuk Fokus Pencalonan Presiden Filipina

By Nad

nusakini - Internasional - Petinju legenda asal Filipina, dianggap sebagai pahlawan nasional sekaligus politikus, Manny Pacquiao mengumumkan ia akan pensiun dari olahraga tersebut pada hari Rabu (29/9) untuk berfokus pada pencalonan diri sebagai presiden di pemilihan umum bulan Mei 2022 nanti.

Pacquiao memenangkan beberapa gelar juara dunia di delapan divisi berat yang berbeda, melakukan 72 pertandingan dan memenangkan 62 selama karirnya, delapan kekalahan, dan dua seri. Dari kemenangan-kemenangan tersebut, 39 adalah hasil knockout.

Senator berusia 42 tahun tersebut mengumumkan pencalonan dirinya pada 19 September, beberapa minggu setelah ia mengalami kekalahan melawan Yordenis Ugas dari Kuba, di Las Vegas.

"Berat bagi saya untuk menerima hari-hari saya sebagai petinju telah berakhir. Hari ini saya mengumumkan akan pensiun," ucap Pacquiao dalam pesan video yang diunggah di akun Facebook-nya.

Sebelumnya Pacquiao telah pensiun sebagai petinju profesional pada bulan April 2016. Namun ia mengakhiri pensiunnya pada bulan November di tahun yang sama.

Ia menjabat sebagai senator dari partai berkuasa PDP-Laban sejak tahun 2016 setelah menjabat dua periode di DPR dari Partai Liberal.