Mangkrak Sejak 2013, Akhirnya Proyek PLTU Batang Jateng Mulai Dibangun

By Admin


nusakini.com - Presiden Joko Widodo menyaksikan langsung penandatanganan Pembangunan proyek PLTU Batang, Jawa Tengah, oleh financial close antara PT Bhimasena Power Indonesia dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/6/2016 ).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam sambutannya mengatakan, proyek PLTU Batang yang dikenal dengan Central Java Power Plan ini merupakan proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) pertama di Indonesia dalam sektor ketenagalistrikan. Total investasi untuk PLTU dengan kapasitas 2x1.000 MW ini mencapai 4,2 miliar dolar AS. 

Darmin menambahkan, pendanaan PLTU Batang ini dapat tercapai berkat kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha. Selain itu juga antara pemerintah dengan pemerintah Jepang. 

"Bank asal Jepang, yakni Japan Bank for International Cooperation (JBIC) merupakan pemberi pinjaman terbesar dengan nilai 2,05 miliar dolar AS," kata Darmin. 

Sekedar informasi, di Tahun 2013, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang Jawa Tengah senilai US$ 4 miliar atau Rp 38 triliun, seharusnya sudah mau dimulai pembangunannya, namun karena proses ganti lahan yang belum selesai maka menjadi terhambat.(if/mk)