Mangindaan Ingatkan Perkuat Jati Diri Bangsa Guna Hadapi Kekuatan Asing

By Admin


nusakini.com - ManadoWakil Ketua MPR RI E.E. Mangindaan mengingatkan masyarakat untuk memperkuat jati diri bangsa guna menghadapi kekuatan-kekuatan asing. 

Menurut Mangindaan, dengan jati diri bangsa yang melekat maka pembangunan akan terus berjalan dan Indonesia akan menjadi negara yang maju.

"Kalau kita tidak bicara 4 Pilar, jati diri kita akan terganggu," ujar dia di hadapan ratusan mahasiswa di Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Senin (25/4/2016).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa jumlah penduduk di dunia ini terus bertambah namun geografi atau luas bumi tetap. Hal ini akan menimbulkan masalah perebutan pangan, energi dan air.

Mangindaan menegaskan Indonesia terutama wilayah khatulistiwa merupakan daerah yang kaya dengan cadangan energi adalah di daerah khatulistiwa, sehingga tak ayal menjadi rebutan negara-negara asing.

Untuk mengantisipasi perebutan pangan, energi, dan air yang dibutuhkan, Mangindaan menantang para mahasiswa untuk menciptakan teknologi yang mampu melipatkan kebutuhan pangan dan air serta mengefisienkan energi.(ab)