nusakini.com-Jakarta-Mantan pembalap nasional Rachmat Alrasyid mengatakan Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), harus segera dilengkapi dengan sirkuit kecil atau karting. 

Tujuannya agar selain menyelenggaran event seperti MotoGP, Sirkuit Mandalika juga bisa digunakan untuk pembinaan pembalap Indonesia. 

"Mandalika adalah sirkuit yang luar biasa. Tetapi saya ingin menyampaikan bahwa kekurangannya belum ada sirkuit gokart atau karting," kata Alrasyid dalam dalam acara Spesial Show 'Atmosfer MotoGP di Indonesia' di Mandalika GP Hub di Epicentrum Walk Mall, Kuningan, Jakarta, Minggu (13/3/2022). 

Acid, sapaan akrab Rachmat Alrasyid menilai sirkuit kecil wajib ada di Sirkuit Mandalika. "Karena yang saya tahu sirkuit yang ada di dunia itu pasti satu paket ada sirkuit besar dan kecil. Sirkuit kecil ini digunakan untuk penjenjangan. Itu jika memang mengarah ke pembinaan agar ada pembalap Indonesia yang bisa bersaing di kancah dunia," ujarnya menambahkan. 

Selain sirkuit kecil, aspek lainnya yang harus ada di Sirkuit Mandalika adalah akademi balap dan juga kendaraan yang memang tepat digunakan untuk penjenjangan. Motor MiniGP menurut Acid adalah kendaraan yang tepat bagi pembalap untuk berkarier dalam dunia motorsport. 

"Bukan motor bebek seperti saat ini. Sebab, banyak perbedaan termasuk dari posisi saat berkendara. Jadi dari awal, pembalap harus sudah terbiasa dengan motorsport," ujar Acid yang merukapan Founder dan CEO Alrasyid Indo Racing. 

Dengan adanya sirkuit kecil, akademi, dan unit kendaraan yang pas, Acid optimistis Indonesia bakal memiliki pembalap yang bisa bersaing di pentas dunia seperti MotoGP. 

"Semoga dengan kembalinya MotoGP ke Indonesia, pembinaan juga akan berjalan. Tentunya pemerintah harus turut serta. Selain itu, kita semua juga harus bersatu untuk memajukan olahraga balap Indonesia," Acid menambahkan.  

MotoGP akan kembali bergulir di Indonesia dengan Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah seri kedua pada 18-20 Maret 2022. Euforia untuk menyambut ajang balap motor bergengsi ini sudah sangat terasa. 

Khususnya di Mandalika GP Hub Jakarta. Masyarakat begitu antusias mengikuti beragam kegiatan yang ada di lokasi ini. 

Pengunjung Mandalika GP Hub juga dapat merasakan kentalnya atmosfer gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika mengingat di lokasi ini juga hadir safety car BMW yang digunakan pada MotoGP Indonesia.

MGPA juga menghadirkan kegitan lainnya seperti adanya permainan simulasi MotoGP dan booth playstation yang menyediakan permainan MotoGP. Terdapat pula sejumlah booth di Mandalika GP Hub Jakarta yang menyediakan giveaway dan merchandise serta kompetisi media sosial.(rls)