MAN IC Targetkan Terima 1.916 Peserta Didik Baru

By Admin

nusakini.com-- Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) dibuka sejak 1 sampai 25 Februari mendatang. Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa tahun ini MAN IC menargetkan untuk 1.916 peserta didik baru. 

"Target PPDB menjaring 1.916 siswa yang akan belajar di dua puluh MAN IC yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia," jelas M. Nur Kholis di Jakarta, Senin (6/2). 

Menurutnya, Kementerian Agama sampai saat ini membina 20 MAN IC. Masing-masing MAN IC akan menerima siswa sesuai dengan kuota dan kapasitas yang tersedia. Kuota terbanyak adalah 140 siswa untuk MAN IC Serpong, sedang paling sedikit 48 peserta didik untuk MAN IC Tapanuli Selatan dan Maluku Utara. 

"Target ini juga nantinya akan disesuaikan dengan kapasitas yang tersedia, utamanya untuk MAN IC yang baru beroperasi," ujarnya. Ada tiga MAN IC yang baru menggelar PPDB pada tahun ini, yaitu: MAN IC Tapanuli Selatan, MAN IC Lombok Timur, dan MAN IC Maluku Utara. 

Untuk memudahkan akses para siswa, PPDB MAN IC tahun ini bisa dilakukan secara online dengan mengakses alamat: https://ic.ppdbonline.id/. Bahan, pendaftaran juga bisa dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi pada Google Play Store untuk dapat diinstal pada perangkat android. Aplikasi pendaftaran PPDB MAN IC dapat dicari dengan kata kunci "ppdb ic" di menu Play Store. 

PPDB MAN IC dapat dilakukan melalui dua jalur, yaitu: jalur Tes dan jalur Prestasi. Saat mendaftar, peserta dapat memilih MAN IC sesuai kehendaknya, maksimum 2 lokasi. Ida juga memastikan bahwa PPDB MAN IC tidak dipungut biaya.(p/ab)