MAMA 2021 akan Diselenggarakan dengan Beberapa Perubahan dan Penampilan Spesial

By Nad

nusakini.com - Internasional - Konferensi pers mengenai acara penghargaan MAMA (Mnet Asian Music Awards) 2021 baru saja dilakukan pada hari Selasa (16/11).

Menerapkan tema utama "Make Some Noise", MAMA tahun ini akan diadakan secara offline dan akan mendatangkan penonton langsung. Ketua produser (CP) Mnet, Park Chan Wook, menjelaskan, "kami tidak bisa mengundang sebanyak mungkin penonton, namun kami percaya ini adalah sebuah perubahan besar ketika artis dan penggemar akhirnya bisa bertemu. Kami akan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah."

Kriteria evaluasi pemberian penghargaan tahun ini juga akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Voting fans tidak akan menjadi kriteria dalam menentukan pemenang dalam kategori Artist of the Year, Song of the Year, dan Album of the Year. Namun, Worldwide Icon of the Year dan Worldwide Fans' Choice Top 10 akan ditentukan sepenuhnya oleh voting fans.

Hingga tahun lalu, data dari Gaon Chart, Twitter, dan YouTube termasuk dalam kriteria evaluasi. Kriteria tahun ini akan melibatkan data streamung dari Apple Music, sebuah platform streaming yang digunakan dalam 167 negara. Data akan dikalkulasi oleh sebuah perusahaan pihak ketiga, Samil PwC, agar lebih adil dan transparan.

Direktur Kreatif Global Apple Music, Zane Lowe menyampaikan, "K-Pop sedang mendunia. (Lagu-lagunya) revolusioner dan memiliki melodi yang kreatif, serta berkontribusi terhadap perkembangan musik pop."

"Saya senang bisa memberikan kesempatan bagi penggemar di seluruh dunia untuk merayakan perkembangan K-Pop dan memilih artis favorit mereka. Lakukan voting untuk Worldwide Fans' Choice Top 10 dengan cara streaming melalui Apple Music. Dengan hadirnya data streaming dari Apple Music, status MAMA sebagai acara musik global akan semakin kuat," tambahnya.

Lee Hyori akan menjadi pembawa acara MAMA 2021, dan merupakan pembawa acara wanita pertamanya. CP Park Chan Wook menggambarkan artis tersebut sebagai "masa lalu, masa sekarang, dan masa depan K-Pop" dan seseorang yang sesuai dengan konsep MAMA kali ini.

CP tersebut juga mengatakan penampilan spesial akan terjadi di MAMA 2021. Penyanyi Inggris Ed Sheeran dikonfirmasi akan tampil dalam acara tersebut.

Park Chan Wook menjelaskan, "Ed Sheeran menuliskan lagu 'Permission to Dance' oleh BTS. Ia memiliki keterkaitan dengan K-Pop. Ia adalah penyanyi dari lagu 'Bad Habits', salah satu lagu pop terpopuler di Korea tahun ini. Ia sedang mempersiapkan penampilannya untuk MAMA."

Wanna One akan reuni dan tampil di acara tersebut. Park menyatakan semua anggota sangat mengantisipasikan penampilan mereka.

MAMA 2021 akan tayang secara langsung pada 11 Desember pukul 6 sore waktu Korea Selatan.