Maksimalkan Pendapatan, TRC PD Parkir Makassar Efektifkan Pungutan Pos Komersial

By Abdi Satria


nusakini. com-Makassar-Dalam rangka Mewujudkan program pemulihan ekonomi Makassar Recover yang digagas oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto. Saat ini pihak Perusahaan Daerah ( PD) Parkir Makassar Raya berupaya menggenjot semua jenis pendapatan,salah satunya adalah Pungutan tarif Jasa Parkir Komersial 


Hal ini dikatakan, Direktur Utama (Dirut) 

Irham Syah Gaffar kepada Media, Senin (14/06/2021). 


Menurut dia, program Makassar Recover yakni Pemulihan Ekonomi sebagai "harga mati"harus diteruskan dan diterapkan di lokasi. Seperti hari ini ia menurunkan personil Team Reaksi Cepat (TRC) untuk mendampingi petugas Pos Komersial di Waduk Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala.

Ada pun itu, tambah Irham, jasa komersial seperti angkutan pasir atau mobil angkutan barang dari luar Kota Makassar.

"Biayanya Rp 5.000/ hari,yang di punguti adalah Kendaraan yang Mengangkut barang-barang komersial yang orientasinya akan beropeeasi di kota Makassar,dan ada perbedaan warna karcis untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecurangan-kecurangan,"tegasnya.

Senada dikatakan Kabag Pengelolaan, Asrul. B,Bahwa Jika kegiatan Team Reaksi Cepat ini untuk mendampingi petugas pos komersial dalam rangka mengefektifkan dan memaksimalkan pendapatan.

" Pungutan Pos komersial adalah jenis pungutan tarif jasa parkir yang orientasinya lebih kepada kendaraan Angkutan Komersil yang masuk ke kota Makassar,dan ketika mereka sudah membayar mereka akan bebas berparki di tepi Jalan kota Makassar."ujarnya.

Sementara itu, ungkap Asrul, pihak PD Parkir Raya telah menetapkan 13 Lokasi pos Komersial yang berpotensi membantu Pemerintah Kota Makassar dalam memaksimalkan pendapatan.

"Kalau pos komersial terdiri 13 lokasi, salah satunya Waduk, Mandai, Samping Tol, Alauddin,Mallengkeri,Hertasning,BTP, Yos Sudarso,Teuku Umar,Kassi-Kassi,Kapasa,Nipa-Nipa,dan Pos Mandai.

Kendalanya, Ia akui, tentunya setiap kegiatan ada suka dan Dukanya,biasanya masih ada pengguna jasa yang tidak paham aturan, sehingga pihak PD Parkir Makassar langsung menjelaskan lebih detail kepada mereka.

"Kedepannya juga kita akan membuka pos komersial di Mongcongloe perbatasan Makassar -Maros.Namun sebelum melaksanakannya kita menyurvei terlebih dahulu layak tidaknya. Ini akan menjadi bahan pertimbangan kami nanti,"ungkapnya. (rls) )