Makin Panas! Jet Tempur dan Kapal Perang Rusia Dekati Wilayah NATO

By Admin


JAKARTA -- Pasukan NATO melakukan pencegatan terhadap kapal dan pesawat angkatan laut Rusia di dekat wilayah laut dan udara aliansi tersebut, di tengah pertemuan para pemimpin di Amerika Serikat.

Jerman mengungkapkan bahwa pesawat tempur Eurofighter Typhoon yang sedang menjalankan misi pengawasan udara NATO terpaksa mengidentifikasi dua jet MiG-29 Rusia di lepas pantai Latvia.

Pesawat tempur Rusia tersebut terbang di wilayah udara internasional di atas Laut Baltik tanpa rencana penerbangan atau kontak dengan kontrol lalu lintas udara sipil pada Rabu lalu, kata Angkatan Udara Jerman, dilansir dari Newsweek, Jumat (12/7/2024).

Gambar yang menyertai pernyataan tersebut menunjukkan dua MiG-29KR dengan nomor seri yang menunjukkan mereka berasal dari unit penerbangan angkatan laut Rusia yang berbasis di garnisun Armada Utara Severomorsk.

Sebelumnya, komandan angkatan laut Belanda, Laksamana Madya Rene Tas, mengatakan bahwa tiga kapal Rusia dikawal melalui perairan ekonomi eksklusif Belanda yang membentang sejauh 200 mil laut dari pantai negara tersebut.

Tas, yang juga Admiral Benelux atau pejabat tertinggi yang bertanggung jawab atas gabungan angkatan laut Belanda dan Belgia, membagikan gambar di X yang menunjukkan dua dari kapal tersebut, yaitu fregat Rusia Neustrashimy dan kapal tanker kelas Altay, keduanya ditugaskan ke Armada Baltik Rusia.

Tas mengatakan pertemuan tersebut terjadi selama akhir pekan, saat angkatan laut Belanda juga terlibat dalam penembakan dua drone yang diluncurkan oleh pemberontak Houthi Yaman di Laut Merah oleh fregat angkatan laut Yunani.

Anggota NATO mengelilingi Laut Baltik dari semua sisi. Kapal perang dari garnisun Armada Baltik Rusia di Kaliningrad, sebuah eksklave di antara Polandia dan Lithuania, selalu diawasi ketat pergerakannya menuju dan dari Laut Utara dan Samudra Atlantik Utara yang lebih luas. (*)