Makassar Bakal Pamerkan Gogos Terpanjang di Dunia

By Admin

nusakini.com-- Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengungkapkan. Pemerintah Kota Makassar akan memamerkan gogoso atau umumnya disebut gogos, penganan khas Sulawesi Selatan. Gogos yang umumnya hanya berukuran sekitar 10-15 sentimeter itu akan dibuat sepanjang mungkin, yakni sekitar 300 meter. Gogos dipersembahkan pada acara Makassar City Expo 2016 pada 8-11 Mei 2016. 

"Insya Allah, gogos terpanjang di dunia akan kita buat dan nanti dihadirkan pada puncak acara MC Expo 2016," ujar Danny, Kamis (5/5/2016).

Gogos berbentuk silinder panjang, dengan isi beras ketan yang dipanggang diatas bara api, dibungkus dengan daun pisang menyerupai lemper. Belakangan, untuk menambah kelezatannya, gogos kerap ditambah dengan ikan tuna yang diisi di dalamnya.

Menurut wali kota, ide membuat gogos terpanjang di dunia ini bertujuan untuk menegaskan bahwa Makassar adalah kota kuliner nomor satu di Indonesia. "Karena gogos adalah salah satu penganan rakyat yang sangat khas dan sejak dulu akrab dengan warga kita, ini akan kita buat dengan lebih berbeda," katanya.

Gogos kerap disajikan pada saat lebaran bersama ketupat dan juga penganan-penganan lainnya. Pada hari biasa, gogos kerap ditemukan di kawasan Pantai Losari atau di pinggir-pinggir jalan kota Makassar. Biasanya dijajakan oleh pedagang asongan bersama telur asin dan juga kacang rebus. (ab)