Makan Malam Bersama, Presiden Joko Widodo & Shin Tae-Yong Bicara Tentang Sepakbola

By ommed


nusakini.com - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan dirinya sempat berbincang-bincang tentang sepakbola dengan Presiden RI Joko Widodo di sela-sela jamuan makan malam di Korea Selatan kemarin.

Makan malam ini merupakan bagian dari pertemuan bilateral antara pemimpin Indonesia dan Korsel di Istana Kenegaraan Negeri Ginseng tersebut untuk membahas kerja sama kedua negara di masa mendatang.

Tae-yong merupakan salah satu sosok tokoh olahraga yang diundang Presiden Korsel Yoon Seok-yeol. Selain Tae-yong, tokoh olahraga lainya yang ikut menghadiri makan malam adalah Lee Yong-dae, pebulutangkis ganda putra dan ganda campuran Korsel.

Pemerintah Korsel menempatkan Tae-yong di meja utama bersama Seok-yeol dan Jokowoi. Tae-yong mengungkapkan kegembiraannya mendapat kesempatan makan malam bersama dua pemimpin negara.

“Saya menghadiri makan malam dengan presiden Indonesia dan presiden Republik Korea. Kami duduk di meja utama dan berbicara banyak tentang sepakbola. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada presiden kedua negara,” tulis Tae-yong melalui akun Instagram pribadinya.

Sementara menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang turut hadir dalam jamuan makan malam ini memberikan pujian kepada Tae-yong yang dianggap sukses mengangkat performa timnas dari berbagai kelompok usia.

“Saat menghadiri jamuan makan malam dari Presiden Korea Selatan Yoon Seok-yeol, saya dan Bapak Presiden Jokowi mengabadikan momen bersama Shin Tae Yong. Pelatih asal Korea Selatan yang mempunyai andil besar atas kemajuan timnas sepakbola Indonesia,” tulis Thohir melalui akun Instagram pribadinya.

Tae-yong akan menjalani agenda yang padat sepanjang 2022 dan 2023. Tae-yong kini sedang mempersiapkan timnas U-19 untuk babak kualifikasi Piala Asia U-20 yang berlangsung September nanti. Di akhir tahun, Tae-yong juga akan menangani timnas senior di Piala AFF 2022.

Sedangkan pada tahun depan, Tae-yong bakal menangani timnas U-20 di Piala Dunia U-20, serta putaran final Piala Asia di pertengahan 2023. Agenda itu di luar pertandingan uji coba di kalender FIFA dan pemusatan latihan (TC) di luar Indonesia. (gi/om)