Mahasiswa Prodi Manajemen Bencana FKN Unhan RI Berkunjung Belajar Ke BNPB

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Bogor--Sebanyak 22 mahasiswa magister prodi Manajemen Bencana beserta 2 Pendamping menghadiri kunjungan belajar ke BNPB pada selasa (18/01/2022).

Dalam kunjungan belajar tersebut para mahasiswa didampingi oleh Dosen Universitas Pertahanan RI, Ibu Dr. Ernalem Bangun, MA dan Mayor Cba Wilopo sebagai Narahubung. Sementara di Pusdalops BNPB rombongan diterima oleh Kabid Pengendalian Taktis dan Evaluasi Operasi, Drs. Gatot Satria Wijaya, M.Si.

Kunjungan ini berlangsung dari pukul 10:00-12:00 WIB, dengan melakukan swab antigen terlebih dahulu sebelum memasuki ruang pertemuan. Selama kegiatan, mahasiswa melakukan serangkaian agenda seperti pemaparan program kerja dan garis koordinasi pusdalops oleh Bapak Gatot Wijaya, serta penjelasan terkait aplikasi realtime inaware dan inarisk.

Dalam paparannya, Kabid Pengendalian Taktis dan Evaluasi Operasi menyampaikan terkait tugas dan fungsi pokok Pusdalops PB, sebelum bencana, saat bencana dan pasca bencana.

Pusdalops merupakan unsur pelaksana yang bertugas menyelenggarakan sistem informasi dan komunikasi penanggulangan bencana, dengan pengumpulan data oleh tim kaji cepat sebagai pertimbangan penanggulangan bencana, dan informasi internal untuk pengambilan kebijakan.

“Tugas pokok sebelum bencana memberikan dukungan kegiatan pada saat sebelum bencana, berupa, pengumpulan,pengolahan, penyajian data dan informasi kebencanaan secara rutin. Dan pada saat terjadi bencana, memberikan dukungan pada Posko Tanggap darurat dan Pelaksanaan Kegiatan Darurat. Sementara pada pasca bencana, memberikan dukungan kegiatan pada saat setelah terjadi bencana, yaitu penyajian data dan informasi khususnya dalam pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Sementara itu, fungsi Pusdalops PB yaitu, Pertama sebagai fungsi penerima, pengolah dan pendistribusi informasi kebencanaan. Kedua, fungsi penerima, pengolah dan penerus peringatan dini kepada instansi terkait dan masyarakat. Ketiga, fungsi tangap darurat sebagai fasilitator pengerahan sumber daya untuk penanganan tanggap darurat bencana secara cepat, tepat, efisien dan efektif.” , dikutip dari laman berita BNPB.

“Pusdalops BNPB saat ini didukung oleh 60 personil, baik ASN dan non ASN, selain itu juga dilengkapi dengan radio komunikasi kebencanaan dan Call Center 117, khusus untuk kebencanaan dan bebas pulsa, ”jelas Gatot Satria Wijaya.

Selain pemaparan informasi pusdalop dan pusdatin, mahasiswa juga melakukan kunjungan ke diaroma, ruang pameran miniature tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan. Disini, mahasiswa dibagi menjadi dua tim, dimana diaroma 1 merupakan diaroma terkait bencana geologis, dan diaroma 2 terkait bencana hidrometeorologis.

Mahasiswa terlihat sangat antusias dengan kunjungan belajar yang dilakukan ini, terlihat pada saat sesi diskusi dan tanya jawab, dimana mahasiswa aktif menyampaikan banyak hal dalam sesi tersebut.

Sementara itu, dosen Universitas Pertahanan RI, Ibu Dr. Ernalem Bangun,MA, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada BNPB.

“Ini adalah kesempatan yang sangat berharga dan kolaborasi yang luar biasa. Kehadiran kami disini, bisa memberi nuansa dan bisa sebagai transfer ketangguhan bencana bagi para mahasiswa. Ada pengetahuan dan proses pembelajaran, “jelasnya.

Nabella, mahasiswa MB Unhan berharap kunjungan seperti ini bisa terus dilakukan, mengingat hal ini dapat menambah pengetahuan lapangan mahasiswa terkait kebencanaan.

“Banyak ilmu yang kami dapatkan dari kunjungan ke BNPB tadi, dimana dari kunjungan ini kami belajar bahwa BNPB selalu mengolah data secara real time, terkait data kebencanaan di Indonesia untuk bisa diakses oleh masyarakat agar masyarakat dapat lebih aware akan bencana.”

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa dengan kunjungan seperti ini, para mahasiswa dapat lebih menggali dan memahami perihal peran BNPB sebagai badan penanggulangan bencana nasional dalam tahap pra bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana.

Agenda kegiatan kunjungan belajar BNPB pada hari ini (18/01/2022) akan dilanjutkan dengan kunjungan ke kantor BNPB yang terletak di Jl. Anyar No.37, Tangkil, Kec. Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810 pada jumat, 21/01/2022.(Nawa)