Madura United Perpanjang Status Juru Kunci Persiraja Banda Aceh

By ommed


nusakini.com - Madura United membuat Persiraja Banda Aceh tidak beranjak dari status juru kunci klasemen sementara Liga 1 2021/22 setelah memetik kemenangan 2-1 di Stadion Manahan Solo, Rabu (27/10) sore WIB.

Kemenangan itu membuat Madura United menghentikan paceklik tiga angka di empat laga sebelumnya yang hanya mendapatkan tiga imbang dan satu kekalahan. Madura United kini naik ke peringkat 11 dengan nilai 11.

Di lain sisi, kekalahan membuat Persiraja makin terbenam di dasar klasemen sementara. Persiraja belum pernah meraih kemenangan di tujuh pertandingan beruntun, sehingga baru mengoleksi nilai empat, tertinggal satu poin dari Persipura Jayapura yang berada satu tangga di atasnya.


Persiraja dan Madura United memeragakan permainan terbuka, dan saling serang ke pertahanan lawan masing-masing. Namun Madura United perlahan-lahan mulai menguasai permainan.

Permainan agresif Madura United membuat libi belakang Persiraja bekerja keras. Peluang diperoleh Madura United ketika laga memasuki menit ke-16. Namun tendangan Rafael Silva masih dapat dipatahkan penjaga gawang Aji Bayu Putra.

Madura United akhirnya membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-26. Menyambut umpan Andik Rendika Rama dari sisi kiri serangan, Bayu Gatar menanduk bola, sehingga menggetarkan jala Persiraja.

Persiraja selanjutnya meningkatkan irama permainan untuk menyamakan kedudukan. Sejumlah peluang diperoleh Persiraja, namun belum ada satu pun yang berhasil menjebol gawang Madura United. Skor 1-0 untuk keunggulan Madura United ini bertahan hingga babak pertama usai.

Tuan rumah yang mengalami defisit satu gol mengambil inisiatif menyerang lebih dulu di awal babak kedua guna mengubah papan skor. Kesulitan menembus pertahanan Madura United membuat pemain Persiraja mencoba melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tapi tidak membuahkan hasil.


Upaya Persiraja menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-51. Penetrasi Ramadhan dari sisi kiri serangan membuat dia masuk ke kotak penalti, dan melepaskan tendangan. Sepakan Ramadhan dapat diblok kiper M Ridho, namun bola mengarah ke Husnuzhon yang langsung melepaskan tendangan keras, sehingga menjebol gawang Madura United.

Hanya saja, Persiraja kembali tertinggal setelah Madura United menjebol gawang Aji Bayu di menit ke-62. Umpan Jaimerson Xavier dituntaskan tendangan menyusur tanah yang dilepaskan Rafael Silva tanpa bisa dicegah Aji Bayu masuk ke dalam gawangnya.

Persiraja memanfaatkan waktu tersisa untuk menyamakan kedudukan. Kendati demikian, upaya mereka tidak membuahkan hasil sampai wasit meniup peluit panjang, sehingga menelan kekalahan 2-1. (gi/om)