Lyon Ke 8 Besar Liga Champions, Kalahkan Juventus Berkat Aturan Gol Tandang

By Abdi Satria


nusakini.com-Turin -Lyon akhirnya lolos ke 8 Besar meski kalah 1-2 dari Juventus pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Allianz Stadium, Sabtu (8/8) dini hari WIB. Klub asal Prancis ini meraih tiket berkat aturan gol tandang. Dimana pada leg pertama, mereka menang 1-0. Total agregat jadi 2-2.

Di perempat final, Lyon akan menghadapi Manchester City yang menyingkirkan Real Madrid dengan agregat gol 4-2.

Pada pertandingan ini,  Si Nyonya Tua langsung mengambil inisiatif serangan di awal-awal laga. Ada dua peluang didapatkan, namun masih belum membahayakan karena hakim garis mengangkat bendera tanda offside. 

Lyon mendapat hadiah penalti di menit ke-11 setelah Rodrigo Bentancur melakukan tekel ke Houssem Aouar. Protes dilakukan oleh para pemain Juventus yang merasa bahwa Bentancur lebih dulu memenangi penguasaan bola. 

Wasit berusaha berkomunikasi dengan petugas VAR. Alhasil, keputusan tetap dengan memberikan hadiah penalti untuk Lyon. Memphis Depay maju sebagai eksekutor dan tembakannya gagal dihentikan Wojciech Szczesny. 1-0 Lyon memimpin. 

Gol tersebut menjadi pukulan telak untuk Juventus. Untuk bisa lolos ke perempatfinal, Bianconeri harus bisa melesakkan tiga gol balasan karena dalam posisi tertinggal agregat 0-2. 

Juventus terus menekan dan membuat Lyon beberapa kali harus bikin pelanggaran. Peluang lainnya untuk Juventus baru tercipta di menit ke-37 saat sundulan Gonzalo Higuain berhasil ditangkap kiper Anthony Lopes. 

Penyelamatan gemilang dibuat Lopes pada menit ke-40. Dia sukses dengan menepis bola hasil tembakan Cristiano Ronaldo.

Juventus mendapat hadiah penalti di menit ke-41 setelah Depay melakukan handball saat menghentikan bola tendangan bebas Miralem Pjanic. Ronaldo maju sebagai eksekutor dan sukses mengubah skor menjadi 1-1 hingga turun minum. 

Meski terus ditekan, Lyon berhasil lebih dulu mengancam di menit ke-56 lewat tembakan jarak jauh Bruno Guimaraes. Bola meluncur deras, namun belum mengarah ke gawang Juventus. 

Kesabaran Juventus berbuah gol di menit ke-60. Ronaldo melesakkan gol kedua melalui tembakan dari luar kotak penalti. Bianconeri kini balik unggul 2-1 atau menyamai agregat menjadi 2-2. (d/ab)