Lutfi: Teknologi Tepat Guna, Program Serasi Meningkatkan Taraf Hidup Petani

By Admin


nusakini.com - Banyuasin - Kementerian Pertanian tengah mengoptimalkan lahan rawa melalui program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI). Program Serasi adalah salah satu upaya Kementan meningkatkan produksi pangan dan kesejahteraan petani dengan tetap memperhatikan fungsi pelestarian lingkungan. Kurang lebih ada 33,4 juta hektar rawa yang ada di Indonesia dan sekitar 10,9 juta hektar berpotensi untuk sektor pertanian.

Sumatera Selatan dipilih menjadi salah satu lokasi pilot project Program SERASI yang tersebar di tiga kabupaten, yaitu kabupaten Musi Banyuasin, OKI, dan Banyuasin. Tahun 2018, luas lahan rawa yang diperuntukkan untuk program Serasi di kabupaten masing-masing tersebut adalah 35 ribu hektar di kabupaten Musi Banyuasin, 65 ribu hektar di kabupaten OKI, dan 150 ribu hektar di kabuaten Banyuasin. 

“Disini bisa full mekanisasi, bagus sekali, karena orangnya sedikit” kata Lutfi Halide saat melakukan kunjungan lapang di Desa Telang Rejo, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (13/11). 

Program SERASI melibatkan banyak pihak, mulai dari Kementan, Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten, Kecamatan, perangkat Desa, Kelompok Tani dan pihak-pihak lain, oleh karena itu Lutfi meminta setiap pihak dapat mendukung Program SERASI, terutama terkait dengan bantuan alat mesin pertanian seperti combine harvester untuk menyiasati waktu panen yang lama.

“Kementan sudah mempersiapkan program ini sebagai tulang punggung pertanian di masa depan. Penerapan teknologi yang tepat tentunya akan meningkatkan produktivitas secara signifikan,” kata Lutfi.

Lebih lanjut Lutfi menegaskan bahwa Program SERASI membutuhkan sinergi yang serius dari pemerintah daerah dan pusat demi mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045.

“Semoga optimalisasi lahan yang terintegrasi ini bisa meningkatkan taraf hidup petani. Kita niatkan apa yang kita kerjakan sebagai tabungan akhirat. Kita kawal dengan baik,” pesan Lutfi.

Sebagai informasi, luas lahan Program SERASI di Desa Telang Rejo adalah 1.030 hektar, dari total luas 1.800 hektar dengan IP 3, yaitu padi, padi, jagung. (pr/eg)