“Local Hero” Mario Aji Akan Start dari Posisi Ketiga di Balapan Moto3

By Abdi Satria


nusakini.com-Mandalika-Pebalap kebanggaan Indonesia, Mario Aji, mencatatkan prestasi emas pada sesi kualifikasi Moto3 2022 di Pertamina Grand Prix of Indonesia, Sabtu (19/3/2022).

Mario Aji berhasil merengkuh posisi ketiga di grid usai menjalani sesi kualifikasi yang berlangsung siang hari di Pertamina International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, tersebut.

Pada sesi FP3 pagi hari sebelum kualifikasi, rider Honda Team Asia itu berhasil mencatatkan waktu 1 menit 48,959 detik yang masuk ke dalam lima besar.

Akan tetapi, Mario Aji tetap harus menempuh Q1 terlebih dulu karena catatan waktu gabungannya pada FP1 sampai FP3 hanya ke-23 tercepat.

Namun, ia membalap dengan istimewa pada Q2 sehingga mencatatkan best lap 1 menit 41,567 detik yang mengantarnya ke waktu ketiga tercepat.

Mario akan berbagi baris terdepan di grid bersama pole setter Carlos Tatay (CFMoto Racing) dengan waktu 1 menit 41,232 detik dan pebalap tercepat kedua Diogo Moreira (MT Helmets-MSI) dengan 1 menit 41,315 detik.

Mario Aji, satu-satunya pebalap asal Indonesia di Kejuaraan Dunia Grand Prix musim ini, pun mengutarakan kebahagiaannya seusai sesi kualifikasi.

“Kami membalap di negara sendiri. Tentu saja kami sangat bahagia dengan pekerjaan yang telah kami lakukan, tidak mudah, “ ujarnya.

“Super bahagia dengan tim, dengan diri saya sendiri. Terima kasih semua keluarga yang telah datang mendukung saya.”

“Saat balapan kami akan berupaya sebaik mungkin dan menikmatinya.”

Seperti dikutip dari situs MotoGP, Mario Aji kini berpeluang menjadi orang Indonesia pertama yang mengambil posisi podium sepanjang sejarah Grand Prix.(rls)