Lima Orang Tewas akibat Serangan Panah di Norwegia

By Nad

nusakini.com - Internasional - Lima orang tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka di Norwegia setelah seorang pria menggunakan busur panah untuk menyerang mereka.

Polisi pertama kali mengetahui penyerangan yang terjadi di kota Kongsberg, terletak di sebelah barat daya ibukota Oslo, pada pukul 18.13 waktu lokal.

Seorang pria asal Denmark berusia 37 tahun telah ditangkap atas dugaan melakukan serangan tersebut.

Pihak kepolisian percaya pria ini melakukan serangan seorang diri, dan mereka akan menyelidiki apakah tindakan ini merupakan bagian dari terorisme.

Perdana Menteri Erna Solberg mengatakan laporan-laporan mengenai peristiwa ini sangat "mengerikan".

"Saya mengerti banyak warga yang takut, namun perlu diketahui polisi telah mengendalikan situasi ini," ucapnya dalam sebuah konferensi pers.

Pelaku penyerangan dikatakan melakukan serangan di dalam supermarket Coop Extra. Salah satu korban luka merupakan polisi yang sedang tidak bertugas dan kebetulan berada di supermarket tersebut.

Juru bicara dari supermarket kemudian mengkonfirmasi telah terjadi "peristiwa serius" di toko mereka, dan menyatakan tidak ada karyawan yang mengalami luka fisik.

Dikabarkan ada konfrontasi antara penyerang dan polisi sebelum akhirnya ia ditangkap pada pukul 18.47. Pelaku kemudian dibawa ke kantor polisi di kota Drammen.

Puluhan kendaraan pelayanan darurat mendatangi lokasi peristiwa, seperi ambulans, mobil polisi, dan helikopter.

Kepolisian Norwegia telah memerintahkan semua petugasnya di seluruh negeri untuk membawa senjata api sebagai penjagaan. Biasanya, polisi di negara tersebut tidak bersenjata.