Liga 1: Robi Darwis, Debutan Menjanjikan Persib Bandung

By ommed


nusakini.com - Satu pemuda berusia 18 tahun bernama Robi Darwis berhasil menyita perhatian pada pekan pertama BRI Liga 1 2022/2023. Laga Bhayangkara FC vs Persib Bandung adalah debut profesional bagi Robi yang langsung dipercaya menjadi starter di laga pembuka kompetisi.

Kesalahan fatal Robi kehilangan bola dari penguasaannya pada menit 38, berujung menjadi gol pertama Bhayangkara FC. Namun kesalahan tersebut tak menutupi penampilan baiknya sebagai gelandang bertahan selama dimainkan sekitar 60 menit.

Robi piawai dalam membaca permainan, ia beberapa kali bisa memotong alur serangan Bhayangkara FC lewat intersep-intersepnya. Bersama Marc Klok dan Beckham Putra, Robi mampu menjaga keseimbangan lini tengah Persib.

“Ada beberapa kendala, mungkin itu kesalahan fatal dan menurut Robi itu bagian dari proses. Robi akan terus belajar untuk memperbaiki apa kekurangan kesalahannya. Itu jadi sebuah proses untuk lebih baik lagi,” aku Robi.

Robi Darwis adalah pemain kelahiran 2 Agustus 2003 di Cianjur, Jawa Barat. Ia baru saja mendapatkan promosi dari Akademi Persib ke skuat utama Persib tahun 2022 ini. Ia terpilih menjadi bagian Persib atas scouting yang dilakukan pelatih kepala Robert Alberts di masa pra musim.

Robi mendapatkan kontrak satu tahun opsi perpanjangan di Persib. Sulit untuk menolak tawaran Persib. Padahal niatnya dari awal ingin pergi keluar dahulu mencari pengalaman.

“Kontrak satu tahun plus satu tahun di Persib. Robi akhirnya menerima karena dari kecil siapa sih yang enggak mau ke Persib walaupun sebelumnya kepengennya keluar dulu, tapi ada tawaran di sini ya sudah ke sini dulu. Alhamdulillah rezekinya,” ungkap Robi.

Nama Robi Darwis memang dibilang sangat mirip dengan bek legendaris Timnas dan Persib di era 90-an Robby Darwis. Namun kenyataannya Robby Darwis dan Robi Darwis tidak memiliki hubungan keluarga atau saudara.

Robi menceritakan nama Robi Darwis sebenarnya diberikan justru oleh sang ibu yang dulu sangat mengidolai sosok Robby Darwis sebagai penjaga benteng pertahanan Maung Bandung dan berhasil membawa juara Liga Indonesia 1994-1995.

Meski namanya Robi Darwis, namun muka dan gestur bermain Robi ini banyak disebut mirip legenda Persib lainnya yang membawa Persib juara 2014 yakni Hariono. “Ya banyak bilang mirip Hariono. Mungkin nama Robi Darwis muka Hariono, gak tahu juga tuh,” kata Robi.

Selama menimba ilmu di Akademi Persib, Robi Darwis juga kerap pulang pergi dipanggil Timnas Indonesia U-19. Sayang, namanya terlewatkan di skuat arahan Shin Tae-yong di Piala AFF U-19 2022 kemarin yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi. (lib/om)