nusakini.com - Persis Solo harus tertunduk lesu dan dipaksa mengakui keunggulan Dewa United dengan skor 3-2, dalam laga pekan perdana BRI Liga 1 2022/2023, di Stadion Moch. Subroto Magelang, Senin (25/7) lalu.

Tiga gol Dewa yang menjebol gawang Persis dicetak oleh Karim Rossi (2'), Aaron Evans (65'/OG) dan Natanael Siringo Ringo (72'). Sementara itu, gol hiburan Laskar Sambernyawa dilesatkan oleh Gerard Artigas (22') dan Gavin Kwan (68').

Juru latih Persis, Jacksen F. Thiago menyebut gol cepat dari lawan membuat seluruh skema tim asuhannya buyar dan berantakkan. Gol cepat itu membuat segalanya jadi berat.

Untuk itu, eks pelatih Persipura Jayapura tu menambahkan bakal melakukan banyak evaluasi, terutama dari segi konsentrasi dan organisasi pertahanan.

“Sebuah pertandingan yang sulit, kami kebobolan menit kedua. Kami sebelum melangkah sudah kebobolan secara emosional sangat berat. Meskipun kami mampu ciptakan dua gol, saya rasa start menjadi sebuah hambatan luar biasa untuk menjalankan rencana,” ungkap Jacksen.

"Aspek konsentrasi dalam memulai pertandingan itu perlu ditingkatkan lagi, lalu organisasi saat menghadapi set piece sudah kita lakukan dalam latihan, tapi masih tetap terjadi," sambungnya.

Nada kecewa juga keluar dari mulut legiun import asal Spanyol, Gerard Artigas, yang sukses mencetak gol debut untuk Laskar Sambernyawa, namun gagal mengamankan tiga poin.

"Gol ini penting bagi saya, meskipun begitu saya kecewa karena tidak bisa meraih kemenangan, tim sedang berproses untuk menjadi lebih baik, semoga di laga selanjutnya bisa meraih hasil lebih baik," bebernya.

Selanjutnya Persis sendiri harus menjalani ujian berat berat, dengan menjalani laga tandang melawan Persija Jakarta (31/7) dan Persikabo 1973 (7/8). (lib/om)