nusakini.com - Persija Jakarta jadi salah satu klub BRI Liga 1 2022/2023 yang mempercayakan posisi kiper untuk kiper usia belia. Tidak tanggung-tanggung total ada tiga pemain.

Mereka adalah Risky Muhammad Sudirman, Cahya Supriadi, dan Adre Arido Geovani. Risky lahir di Jakarta, 2 Februari 2002 (20 tahun), Cahya kelahiran Karawang, 11 Februari 2003 (19 tahun), dan Adre kelahiran Yogyakarta, 13 Agustus 2004 (18 tahun).

Meski ketiganya minim pengalaman tampil di level profesional, kemampuan mereka dinilai layak menjadi pelapis penjaga gawang senior sekaligus kapten Macan Kemayoran, Andritany Ardhiyasa, di musim ini.

Risky merupakan jebolan timnas U-19 dan Garuda Select yang performanya sudah mendapatkan banyak apresiasi. Cahya kini menjadi kiper inti timnas U-19 proyeksi Piala Dunia U-20 2023 yang tengah menjadi buah bibir berkat aksi gemilangnya. Sama dengan Risky, Adre adalah alumni Garuda Select yang juga menunjukkan performa apik dalam tim utama Persija.

Meski rekan kipernya berusia jauh darinya, kiper senior Persija, Andritany Ardhiyasa tetap merasa memiliki pesaing yang tangguh. Alhasil, dia harus konsisten menunjukkan kemampuan terbaiknya selama berlatih dan bertanding. Selain itu, pemain berusia 30 tahun tersebut tak lupa kerap berbagi pengalaman dengan para juniornya.

“Jarak usai saya lumayan jauh, sekitar 10 tahun. Saya sering memberikan masukan dan sharing kepada mereka. Saya sering mengingatkan mereka bahwa peran kiper di era modern harus terlibat dalam permainan,” kata Andri.

Sementara itu Cahya menilai kehadiran Andritany jadi sosok panutan untuk terus berkembang.

"Kondisi ini menjadi tantangan buat kami. Sebagai pemain muda tentu ingin membuktikan bahwa kami bisa berkontribusi sama baiknya dengan para pemain senior. Beruntung bagi kami memiliki sosok panutan seperti Bang Andritany yang sering memberikan masukan,” tutur Cahya. (lib/om)