Lembaga Riset dan Perguruan Tinggi Berperan Penting dalam Tumbuhkan Inovasi

By Admin

Riset (Ilustrasi) 

nusakini.com - Antusiasme generasi muda pada riset dan inovasi belakangan ini terbilang cukup tinggi. Hal ini tak terlepas dari keterlibatan lembaga riset dan perguruan tinggi yang berkerjasama dalam mendorong mereka menghasilkan inovasi teknologi.

Laksana Tri Handoko, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebut, kerjasama yang erat antara lembaga riset dan perguruan tinggi harus lebih digiatkan lagi. “Perguruan tinggi memegang peranan penting untuk menyetimulasi generasi muda dalam melakukan riset dan inovasi guna menumbuhkembangkan industri kreatif,” ungkapnya di Bogor pada Jumat (28/10/2016) lalu. 

Dikatakannya, peran lembaga riset dan perguruan tinggi adalah menciptakan enabler technology (mencari peluang inovasi pada teknologi yang sudah ada) dan menciptakan lingkungan kondusif untuk anak muda melakukan inovasi kreatif. “Wujud nyatanya, LIPI mulai mewajibkan kolaborasi riset dengan mahasiswa di perguruan tinggi dan melakukan aktivitas bersama seperti pendampingan praktikum di laboratorium, seminar, dan aktivitas bersama lainnya,” jelasnya. 

Handoko menuturkan, penciptaan inovasi saat ini sebaiknya lebih kepada enabler technology karena bila menciptakan dari nol dikhawatirkan akan sulit mengejar perkembangan teknologi yang perputarannya sangat cepat. Sebab, para pengguna teknologi yakni para pelaku industri lebih melirik untuk menyempurnakan teknologi yang sudah ada. 

Oleh karena itu, pencipta inovasi teknologi saat ini harus pandai dalam memunculkan teknologi kreatif yang mendorong pengembangan industri kreatif. “Dan, para generasi muda saat ini telah memiliki geliat untuk inovasi industri kreatif ini,” tutup Handoko. (p/mk)