Lembaga Penjaminan Mutu UIT Aktifkan Rakor

By Admin


nusakini.com Makassar - Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Indonesia Timur (UIT), Dr. Abdul Haeba Ramli, SE. MM, menegaskan dalam rangka sertifikasi ISO 9001:2008 lembaganya akan segera mengaktifkan kordinasi dengan Unit Penjamin Mutu (UPM) di 12 fakultas, setiap dua pekan sekali.

Menurut Haeba, tugas LPM di universitas adalah mengkoordinasikan, mengendalikan, mengaudit, memantau, menilai, dan mengembangkan mutu penyelenggaraan kegiatan akademik. "Saya akan memulai intensitas fungsi-fungsi itu secara maksimal," ujarnya, usai mengumpulkan UPM 12 fakultas di Kampus I UIT ruang LPM.

Dijelaskannya, dalam melaksanakan tugasnya LPM menyelenggarakan fungsi, pelaksanaan penyusunan rencana, evaluasi program dan anggaran, serta pelaporan, yang meliputi pelaksanaan pengembangan mutu akademik, pelaksanaan audit, pemantauan, dan penilaian mutu akademik, serta pelaksanaan administrasi lembaga.

"Target pencapaian kami, adalah mendapat akreditasi institusi oleh Dikti dan UIT memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008 ini secepatnya, dalam 1-2 bulan kedepan," ungkap Haeba.

Saat ini UIT sedang menggunakan fasilitas IT untuk proses administrasinya, sehingga para mahasiswa sudah sangat mudah, megisi KRS secara online. Karena visi UIT menjadi world class university. Sehingga perbaikan dan pengembangan di semua bagian terus dilakukan. Apalagi menghadapi pasar bebas masyarakat ekonomi Asean (MEA).

Wakil Rektor I bidang akademik, Prof. Dr. H. Abdul Rahman, SH. MH. pada kesempatan terpisah mengatakan "Yang selama ini sudah berjalan, pengembangan standar mutu akademik, akan diupayakan mengikuti pola audit dan pengendalian mutu." Langkah ini dinilainya, akan menyadarkan semua pihak akan pentingnya proses jalannya budaya akademik di UIT. (ab)