Lelah dengan Pelanggan Ribet, Perusahaan Korsel, Coupang Ganti Kebijakan Pengembalian Dana

By Nad

nusakini.com - Internasional - Coupang telah memutuskan untuk mengubah kebijakan pengembalian uangnya, yang memungkinkan pelanggan mengembalikan produk apa pun yang mereka beli dalam waktu 30 hari setelah pembelian tanpa persyaratan apa pun. Raksasa e-commerce itu mengatakan pada hari Minggu (12/3) bahwa pihaknya mengharapkan tindakan baru itu akan menyingkirkan pelanggan yang merepotkan dan mengurangi kerugian yang semakin besar sebagai hasilnya.

Sampai saat ini, Coupang telah mengizinkan pelanggan yang meminta pengembalian uang untuk produk yang dibeli bahkan setelah digunakan, karena kebijakan pengembalian membantu perusahaan e-commerce menarik banyak pengguna keanggotaan berbayar.

Namun, kekhawatiran telah berkembang atas meningkatnya jumlah orang yang menyalahgunakan sistem pengembalian uang Coupang.

Dalam satu kasus, seorang konsumen kedapatan mengembalikan laptop Apple setelah menggunakannya selama 20 hari tahun lalu, tetapi Coupang mengambilnya kembali tanpa mengajukan pertanyaan apa pun.

Untuk mencegah kejadian yang sama terjadi lagi, tempat jualan online ini memposting pemberitahuan bahwa mereka tidak akan lagi mengambil kembali barang mulai hari Minggu yang kemasannya rusak atau label harganya telah dilepas.

"Kami mengadopsi kebijakan yang sama sebelumnya, tetapi kami telah memposting pemberitahuan untuk menekankannya," kata seorang pejabat Coupang. "Kami mencoba memberikan pesan yang jelas kepada pelanggan kami tentang kebijakan pengembalian uang kami."

Menurut postingan terbaru Coupang, pelanggan harus menyerahkan dokumen resep dari dokter kulit saat mengembalikan produk kosmetik bekas. Perangkat elektronik yang telah dinyalakan minimal satu kali juga tidak dapat dikembalikan. Pakaian atau aksesori tanpa label harganya juga tidak memenuhi syarat untuk pengembalian uang.

Ini kemungkinan akan membantu Coupang memangkas kerugian yang terakumulasi pada saat yang sama karena sebagian besar perusahaan e-commerce di sini menunjukkan tingkat pengembalian uang 20 hingga 30 persen. Coupang telah membayar semua biaya pengembalian uang sampai sekarang.

Tahun lalu, Coupang mencapai rekor penjualan tertinggi sebesar 22 triliun won (Rp 254 tirliun), tetapi juga mengalami kerugian bersih tertinggi yang pernah ada sebesar 1,86 triliun won (Rp 21,5 triliun) . Alhasil, peningkatan profitabilitas perusahaan menjadi prioritas utama.

"Coupang telah berada di bawah tekanan untuk memangkas kerugian yang menumpuk. Menaikkan biaya untuk program keanggotaannya dan mengubah kebijakan pengembalian dananya adalah bagian dari upayanya untuk mengurangi kerugian operasional," kata seorang pejabat industri. (koreatimes/dd)