Lebih 86 Ribu Paspor Calon Jemaah Haji Sudah Siap

By Admin

nusakini.com--Jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) bersama pihak imigrasi setempat terus memproses penerbitan paspor calon jemaah haji. Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji M Sofwan menjelaskan bahwa sampai dengan hari ini, lebih dari 86 ribu paspor calon jemaah haji sudah siap. 

"Paspor yang sudah terbit per hari ini total mencapai 86.728 atau sekitar 43%," ujar Sofwan di Jakarta, Selasa (04/04). 

Meski demikian, kalau dilihat dari sebaran wilayah, beberapa provinsi ada yang sudah hampir selesai, atau di atas 70% paspor yang sudah terbit. Provinsi tersebut antara lain: Bengkulu (95%), Sulawesi Barat (92%), Papua Barat (82%), Aceh dan Kaltim (79%), serta beberapa wilayah lainnya. 

"Tiga provinsi dengan kuota terbesar, yaitu; Jawa Barat sudah selesai 50%, Jawa Timur 33%, sedang Jawa Tengah baru 22%," katanya. 

Menurut Sofwan, jajaran Ditjen PHU di Kanwil Kemenag Provinsi dan Kankemenag Kabupaten/Kota masih terus bekerja karas agar proses penerbitan paspor calon jemaah bisa selesai lebih awal. Sesuai edaran Dirjen PHU, pengurusan paspor calon jemaah sudah dilakukan sejak 15 Desember 2016 dan diharapkan pada 2 Mei sudah bisa dikirim ke Jakarta untuk dilakukan proses visa. 

"Insya Allah optimis berjalan sesuai target karena proses penerbitan paspor juga sudah berjalan semua," tuturnya. 

Sofwan juga berharap, Keppres BPIH juga bisa segera terbit sehingga jemaah haji bisa segera melakukan pelunasan.(p/ab)