Layanan PPDB Sulsel 2021, Layanan Cepat Aduan Masyarakat Berbasis Online

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 di Sulawesi Selatan mengedepankan layanan ke masyarakat berbasis online. Hal ini dimaksudkan agar segala informasi yang dibutuhkan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Termasuk bila ada masalah yang timbul pada pelaksanaan PPDB nanti. Dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, layanan cepat berbasis online lebih efektif dan cepat. Ini juga sejalan dengan misi Pemerintah Provinsi Sulsel yang mengutamakan pelayanan optimal.

Tak hanya itu, terkait PPDB 2021, Kepala Pendidikan Sulawesi Selatan, Prof Muhammad Jufri menekankan pendekatan secara humanis serta mempermudah masyakarat mendapatkan layanan informasi. Itulah mengapa di setiap SMA/SMK/SLB selaku unit pelaksana tugas (UPT) wajib mencantumkan informasi seperti nomor kontak yang bisa dihubungi, email serta akses online secara umum yakni https://Sulsel.siap-ppdb.com/.

"Inti dari semua ini, Pak Kadisdik Sulsel ingin semua bisa terlayani dengan baik dan semua anak-anak bisa sekolah," ujar Mirdin Middin, salah satu koordinator panpel PPDB 2021 Sulsel yang berhubungan dengan LSM dan media di Barista Cafe, Sabtu (22/5).

Dua koordinator lainnya adalah Dr. Azrar (informasi masyarakat luas) dan Andi Umar (koordinator media). Sementara ketua serta sekretaris panpel PPDB 2021 adalah Dr Idrus (Kabid Pembinaan SMA) dan Hery Sumiharto, SE (Sekretaris Disdik Sulsel).


Menurut Mirdan, diharapkan dengan adanya layanan aduan cepat ini, masyarakat tak perlu jauh-jauh datang ke lokasi sekolah tujuan. Seperti diketahui, PPDB Sulsel mulai dibuka pada 7 Juni mendatang untuk boardingschool. Sementara untuk SMA/SMK/SLB reguler mulai pada 14 Juni. Ada empat jalur penerimaan yang berlaku yakni jalur zonasi, afirmasi, prestasi akademik/non akademik, perpindahan tugas orangtua/wali siswa.(rls)