Kuota Haji Indonesia 2016 Sama Dengan Tahun Lalu

By Admin


nusakini.com - Janji Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud menambah kouta haji Indonesia di tahun 2016 tidak terwujud. Hal itu diungkap  staf Kantor Urusan Haji Indonesia di Arab Saudi, Slamet, Selasa (15/3/2016).

Menurut Slamet kuota haji pada 2016 jumlahnya tetap 168.800 jamaah. Artinya Indonesia tidak akan mendapatkan tambahan 10 ribu jamaah seperti yang telah dijanjikan Raja Salman. "Seperti sebelumnya, penambahan kouta bersifat selektif," ungkap Slamet.

Sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta kejelasan mengenai santunan korban crane bagi jamaah haji Indonesia yang wafat dan luka-luka. Menteri Urusan Haji Arab Saudi Bandar bin Muhammad Hajjar mengatakan pihaknya sedang memproses pembayaran santunan bagi ahli waris korban jatuhnya crane di Masjidil Haram tahun lalu.

Sebanyak 12 warga Indonesia meninggal dunia dan 61 orang lainnya luka-luka. Pemerintah Arab Saudi berjanji untuk memberikan undangan haji bagi ahli waris korban crane yang meninggal dunia dan mengulang ibadah haji bagi korban luka-luka. (ab)