Kunjungi SONS, Menpora Amali Bangga SONS Banyak Lahirkan Atlet Nasional untuk Indonesia

By Abdi Satria


nusakini.com-Banyu Asin-Menpora Amali mengunjungi Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) yang beralamat di Kompleks Ogan Permata Indah, Jalan Pendidikan, Sungai Kedukan, Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Selasa (14/12). Menpora Amali bangga SONS bisa melahirkan atlet-atlet nasional

Kedatangan Menpora Amali disambut para guru dan atlet yang merupakan atlet-atlet muda Pencak Silat serta para siswa-siswi lainnya. Ini merupakan kebanggaan Sumsel sekaligus Indonesia, dari sinilah akan terus dicetak para atlet andalan nasional."Ini luar biasa, membanggakan, dari sini akan lahir pada atlet nasional, sejalan dengan program pemerintah pembinaan usia dini dan berkelanjutan," kata Menpora Amali.

SONS yang berdiri sejak tahun 2005, saat ini menjadi yang pertama dan satu-satunya sekolah olahraga di Sumatera Selatan. Pendirian SMP-SMA Negeri Olahraga seperti ini bisa menjadi percontohan tempat-tempat lain, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

"Ini bisa menjadi percontohan daerah lain. Sebagaimana dalam DBON daerah juga mempunyai tanggung jawab bersama memajukan olahraga, dan sekolah olahraga dapat menjadi salah satu caranya," tambahnya.

Banyak bibit-bibit atlet-atlet lahir dari sekolah di bawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel ini. Sebut saja Jauhari Johan, atlet atletik yang sudah banyak mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Ada juga pesepakbola andalan Wong Kito, Rizky Dwi Ramadhana yang tergabung di Sriwijaya FC, mereka jebolan dari SONS. Selain itu menurut Kepala Sekolah SONS Aliyudin Asral kemarin saat PON banyak para atlet jebolan sekolah ini yang memperkuat kontingen Sumsel. "Ada 11 atlet yang kemarin saat PON Papua memperkuat Sumsel, artinya sekolah ini akan terus banyak melahirkan atlet," katanya.

Turut mendampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan R.A. Anita Noeringhati, dan Kadispora Provinsi Sumatera Selatan H.H. Akhmad Yusuf Wibowo.(rls)