Kunjungi Jateng Mendagri Blusukan ke Sejumlah Kecamatan

By Admin

nusakini.com--Ketika melangsungkan kunjungan kerja ke Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melakukan blusukan ke sejumlah kecamatan. Kantor Kecamatan Mranggen, Demak, Jateng, merupakan tempat pertama yang ia tuju. 

"Kecamatan ini paling jauh dengan ibu kota kabupaten, sekitar 29 kilometer. Kecamatan ini berbatasan dengan Kota Semarang, masyarakatnya banyak yang kerja di Semarang," kata Tjahjo. 

Tjahjo sempat berbincang-bincang dengan Camat Mranggen, Wiwin Edi Widodo. Perbincangan berlangsung sembari Tjahjo melihat ruangan-ruangan di antaranya ruang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten). 

"Kami ingin ada gedung pertemuan Pak. Ruangan di kantor hanya muat 15 orang, untuk pertemuan besar kami gunakan pendopo," keluh Wiwin. 

"Coba ditulis," kata Tjahjo memerintahkan Direktur Keuangan dan Aset Pemerintahan Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Binpemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Lukmanul Hakim. 

"Balai desa juga ada yang belum punya Pak," ujar Wiwin. 

"Itu (balai desa) APBD provinsi atau kabupaten/kota. Aturannya, kementerian hanya (bisa bantu) kecamatan," ucap Tjahjo. 

Tjahjo meminta agar pelayanan terhadap masyarakat seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dapat rampung sehari. 

Blusukan kembali berlanjut ke Kantor Kecamatan Karangawen yang masih berlokasi di Demak. Tjahjo menyapa masyarakat. Dengan didampingi Camat Karangawen, M Syahri, Tjahjo menengok sejumlah ruangan. 

Setelah dari itu, Tjahjo mampir di Kantor Kecamatan Tegowanu, Grobogan, Jateng. Camat Tegowanu, Kasan Anwar menyambut kedatangan Tjahjo. Dari Tegowanu, Tjahjo menuju Kantor Kecamatan Gubug dan Godong, Grobogan. 

Di akhir setiap kunjungan, Tjahjo berfoto bersama dengan aparatur kecamatan, termasuk masyarakat sekitar. (p/ab)