Kunjungan Hari Kedua Presiden Jokowi di Korea

By Admin


nusakini.com - Senin (16/5/2016) pagi, Jokowi akan menghadiri pertemuan bisnis dengan tema 'Morning Tea With President Jokowi'. 

Dalam pertemuan yang digelar di Hotel Lotte ini Presiden akan menyampaikan pidato kunci. Pertemuan juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Republik Korea, Joo Hyunghwan serta Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Taiyoung Cho. 

Usai menghadiri pertemuan ini, Presiden dijadwalkan melakukan dua one on one business meeting masing-masing dengan Chairman Lotte Group dan Chairman POSCO yang dilanjutkan dengan business luncheonbersama pengusaha Republik Korea. 

Sore harinya, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Kepresidenan Cheong Wa Dae dan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Korea Park Geun-hye. Kedua kepala negara juga akan menyaksikan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Korea meliputi kerja sama mengenai kawasan ekonomi khusus, industri kreatif, kemaritiman, olahraga, restorasi hutan gambut, antikorupsi, serta penelitian pengembangan energi dan mineral untuk energi bersih. 

Diakhir petemuan, Presiden Jokowi dan Presiden Park akan memberikan pernyataan pers bersama. Malam harinya, Presiden Jokowi akan menghadiri jamuan santap malam kenegaraan oleh Presiden Republik Korea sebagai tanda penghormatan kepada Presiden Republik Indonesia. 

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala BKPM Franky Sibarani, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Ketua KPK Agus Rahardjo, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea. John A. Prasetio.(if/mk)