Komjen Budi Gunawan Jadi Kepala BIN, Ini Tanggapan Ketua DPD RI

By Admin


nusakini.com - Harapan besar digantungkan pada Komjen Budi Gunawan yang akan dilantik jadi Kepala BIN. Ketua DPD RI Irman Gusman meminta BIN menjadi telinga Negara.

"Selamat atas terpilihnya Komjen BG sebagai Kepala BIN. Tentu tertumpang harapan kepada Pak Budi Gunawan sebagai Bhayangkara terbaik untuk mampu melakukan peningkatan kinerja BIN sesuai tuntutan zaman yang bisa merespons tantangan bangsa ini, baik tantangan dari dalam maupun tantangan dari luar," kata Irman, Jumat (9/9/2016). 

Irman sudah menerima undangan dari Istana untuk menghadiri pelantikan Komjen BG. Rencananya, pelantikan digelar pukul 17.30 WIB sore ini di Istana Negara. 

Sejumlah tantangan yang harus diantisipasi oleh BIN, kata Irman, cukup banyak. Di antaranya adalah soal terorisme, radikalisme, separatisme, narkoba, masalah SARA, infiltrasi budaya yang melemahkan bangsa, adu domba, dan berbagai pemalsuan yang bisa berdampak pada pelemahan ekonomi dan ketahanan nasional, seperti pemalsuan obat, vaksin, makanan, dan ijazah. 

Irman meminta BIN proaktif memberi informasi dan melakukan pencegahan. BIN tak boleh hanya menunggu perintah. Irman juga meminta BIN tak hanya bekerja untuk Presiden, tapi juga untuk bangsa ini. 

"BIN harus mampu menjadi telinga bangsa ini, bukan hanya menservis Presiden. Kalau memang dirasa penting, tak ada salahnya juga informasi yang ada disharing dengan lembaga sesuai otoritasnya. Misalnya soal separatisme bisa ke TNI, kejahatan ekonomi bisa ke KPK, narkoba ke Polri, atau masalah-masalah yang ada di daerah bisa juga ke DPD," ujar penerima Bintang Mahaputra Adipradana ini. 

Irman yakin Komjen BG mampu membuat BIN berkinerja lebih baik. Intinya, kata pria asal Padang ini, BG harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan semua pihak. 

"Intinya Komjen BG harus bisa menjalin komunikasi dengan semuanya. Kita harapkan juga ada tanggung jawab kolektif agar bangsa ini berjalan pada relnya," pungkas Irman.(b/mk)