KJRI Vancouver Luncurkan Aplikasi Lapor Diri Mobile

By Admin

nusakini.com--"Tidak ada waktu datang ke kantor KJRI, sibuk kerja atau kuliah....." alasan itu yang sering dikemukakan sebagian WNI jika ditanya alasan kenapa belum lapor diri. Kondisi tersebut selama ini cukup menyulitkan KJRI Vancouver untuk melakukan pemutakhiran database WNI di wilayah kerja, yang pada ujungnya juga berdampak terhadap upaya perlindungan WNI/BHI yang merupakan salah satu tugas utama Perwakilan RI di luar negeri. 

Didorong keinginan untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik, KJRI Vancouver berupaya mengembangkan aplikasi lapor diri online, yang tidak saja dapat diakses melalui PC (desktop/laptop), namun juga melalui mobile phone.

Dengan adanya aplikasi tersebut, proses lapor diri dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan murah (hanya perlu jaringan internet), sehingga diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat Indonesia di wilayah kerja untuk lapor diri, demikian dikemukakan oleh Konsul Jenderal RI Vancouver dalam peluncuran aplikasi lapor diri online yang dilakukan pada tanggal 3 Juni 2016 di aula KJRI Vancouver. 

​​Bagi KJRI Vancouver, aplikasi tersebut juga sangat membantu untuk membangun database WNI di wilayah kerja yang lebih akurat, dan dengan cepat dapat menyajikan data WNI berdasarkan pengelompokan kota tempat tinggal, jenis pekerjaan, jenis kelamin, dll sehingga akan memudahkan jika sewaktu-waktu diperlukan, seperti halnya pada saat terjadinya peristiwa kebakaran besar di kota Fort McMurray awal bulan Mei 2016 yang lalu, yang mengharuskan Perwakilan untuk segera mengetahui keberadaan WNI di daerah yang terkena bencana tersebut. 

Sebelumnya tercatat 6096 WNI di wilayah kerja KJRI Vancouver (Provinsi British Columbia, Provinsi Alberta, Yukon Territory dan Northwest Territories), namun kemudian diketahui bahwa 634 di antaranya telah habis masa berlaku paspornya sejak 10 tahun yang lalu dan tidak melaporkan ke KJRI karena berbagai alasan. Data warga yang telah kedaluarsa dokumen perjalanannya ini akan dipilah sebagai data inaktif, yang tetap dapat diakses sewaktu-waktu jika diperlukan. Aplikasi lapor diri online KJRI Vancouver dapat diakses melalui m.indonesiavancouver.org atau www.indonesiavancouver.org pada menu consular services/pelayanan konsuler bagi warga Indonesia. (p/ab)