Keren, BMJ SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Gelar Go Green

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Badan Musyawarah Jami'ah (BMJ) SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga mempunyai program khusus yaitu Go Green. Program ini sangat unik dan menarik karena sangat jarang ada komunitas orang tua siswa yang melaksanakan kegiatan seperti ini. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas I-VI yang mengumpulkan barang-barang bekas (sampah) seperti plastik, kertas, kardus, dan lain-lain.

Tujuan kegiatan Go Green ini adalah pertama, mengedukasi siswa dan menanamkan sikap awareness akan dampak sampah yang berbahaya bagi lingkungan sekitar mereka, terutama sampah plastik yang sangat sulit terurai. Kedua, mengedukasi siswa menjadi entrepreneur cilik dengan mengumpulkan sampah yang ternyata bernilai ekonomis. Ketiga, Edukasi 3R: Reduce, Reuse, Recycle.

Program ini diadakan setiap bulan di pekan kedua, tepatnya hari Kamis disesuaikan dengan hari kertas yang mana dalam waktu itu semua sampah yang dikumpulkan berupa kertas. Selanjutnya di pekan kedua, hari plastik yang mana semua sampah yang dikumpulkan berbahan plastik.

Dihubungi via WhatsApp, Ketua BMJ SD Islam Athirah 2 Makassar Chitra Artha Sugitha mengungkapkan harapan besar bagi seluruh orang tua untuk bekerja sama mendukung kegiatan ini dan Alhamdulillah seluruh siswa sangat antusias untuk mengumpulkan barang bekasnya.

"Harapan besar bagi kami seluruh siswa dan orang tua ikut bekerja sama yang dikoordinasi langsung oleh Wali Kelas. Alhamdulillah, hal itu terlaksana dengan baik. Kami pun melihat antusias anak-anak membawa sampahnya untuk ditimbang", ujarnya.

Senada dengan Ketua BMJ, Kepala SD Islam Athirah 2 Makassar H. Muhammad Azis, S.Pd., M.Pd. sangat mendukung dan mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pengurus yang telah melaksanakan kegiatan ini.

"Terima kasih kepada seluruh pengurus BMJ SD Islam Athirah 2 yang telah melaksanakan program ini. Alhamdulillah, seluruh siswa sangat antusias membawa barang bekasnya dari rumah. Manfaat kegiatan ini sangat baik untuk menjaga lingkungan", ungkap pak Haji (sapaan akrabnya).(rilis/rajendra)