Kemhan dan Kementan Kompak Panen Jagung di Lahan Food Estate Gunung Emas

By Admin


JAKARTA, NUSAKINI.com - Kementerian Pertahanan (Kemhan) bersama Kementerian Pertanian (Kementan) kompak melakukan panen raya jagung di lahan food estate Desa Tewai Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Senin (11/3).

Asisten Khusus Menhan Bidang Ketahanan Pangan, Letjen (Purn) Ida Bagus Purwalaksana yang mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengatakan selain jagung, ke depan pihaknya berjanji akan memperbanyak menanam singkong dan kedelai.

"Selain jagung, ke depannya akan kami perbanyak menanam singkong dan kedelai bahkan labu Belanda yang merupakan komoditas ekspor," kata Ida dalam keterangan tertulis, Kamis (14/3).

Selain itu, ia mengatakan ke depan Kemhan akan fokus untuk menggarap lahan di Sepang itu.

"Supaya kita bisa berjaya di bidang pertanian hingga berdampak langsung pada peningkatan pendapatan atau perekonomian masyarakat, utamanya petani," harap Ida Bagus.

Dalam kesempatan itu, Ida turut bangga dengan kehadiran prajurit TNI AD, sebab sejak awal telah fokus dan berkomitmen menggarap lahan-lahan tidur di Kecamatan Sepang sehingga berujung panen raya.

"Selain mendapat manfaat dari segi pendapatan, masyarakat kita di sekitar lahan juga jadi lebih mandiri dalam bertani karena cukup banyak ilmu yang diperoleh dari para Babinsa dalam hal bercocok tanam.

Proyek food estate merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang dirancang dengan konsep pengembangan pangan secara terintegrasi. Kebijakan ini menjadi bagian dari program strategis nasional (PSN) 2020-2024 yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (*)