Kementerian PUPR Serahkan MTU ke Pemprov NTB

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi (DJBK) menyerahkan satu unit Mobile Training Unit (MTU) kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB). Penyerahan MTU dilakukan oleh Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yusid Toyib dan diterima oleh Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi di Mataram, Selasa (1/11). 

Penyerahan MTU ini merupakan rangkaian kerja nyata Kementerian PUPR untuk mendukung percepatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur, serta meningkatkan kompetensi tenaga kerja konstruksi. “Dengan MTU ini, kita bisa melatih masyarakat hingga pelosok desa, kelurahan, kecamatan dan kantong-kantong proyek serta basis pekerja konstruksi di wilayah NTB,” kata Yusid. 

Dengan diberikannya MTU, diharapkan percepatan angka capaian sertifikasi pekerja konstruksi bisa tercapai, dan bisa menjadi solusi untuk menghadapi persaingan global yang salah satunya adalah Masyarakat Asean Ekonomi (MEA). “Untuk mendukung pembangunan perlu dilakukannya terobosan yang cepat dan nyata dan tentunya harus bersinergi baik antara pemerintah pusat dan Daerah”, ujar Yusid. 

Menurutnya, jangkauan pembangunan infrastruktur sampai ke pelosok daerah terpencil adalah tanggung jawab pemerintah, maka dengan dengan MTU menjadi satu jawaban dalam pelayanan pembangunan bidang pelatihan dan uji sertifikasi. Dengan MTU akan diperkenalkan dan diajarkan ke para pekerja konstruksi di NTB, pola kerja efektif untuk keterampilan bidang batu, besi, dan kayu sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) hingga dapat memberikan hasil optimal pada pembangunan infrastruktur yang berkualitas.  

Selain penyerahan MTU, dilakukan juga Pembukaan Uji Sertifikasi Tukang Bangunan Umum menggunakan MTU.(p/ab)