Kementerian Maritim Dukung Nelayan Menggunakan Konverter Kit Lokal

By Admin

nusakini.com--Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Alam akan mendukung konverter kit teknologi lokal untuk para nelayan. Produk itu mampu menjadikan gas sebagai bahan bakar mesin perahu atau kapal. Menurut Deputi Bidang SDA dan Jasa, Agung Kuswandono nelayan-nelayan khususnya di wilayah Kubu Raya, Kalimantan Barat, ternyata senang menggunakan alat yang ditemukan nelayan setempat, Amin Bengas. 

Alat itu ditemukan oleh Amin Bengas, warga Kubu Raya, Kalbar. Bersama para nelayan itu, Amin melakukan uji coba sampai melahirkan generasi kesembilan.  Para nelayan khususnya di Kalimantan Barat kini bisa lebih mudah dalam menjalankan aktifitasnya, mencari nafkah untuk penghidupan mereka. Sebab, mereka menggunakan suatu teknologi baru bernama Konverter Kit.  

"Program Presiden Jokowi mengubah BBM ke gas. Ini bukti nyata penggunaan gas itu," kata Agung di Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (13/5).

Agung menuturkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mempunyai program 3.200 perahu bagi nelayan. Sebagai koordinator, Kementerian Maritim mendorong agar perahu-perahu itu menggunakan alat tersebut. (v/ab)