Kementerian Luar Negeri RI Peroleh Dua Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

By Admin

nusakini.com-- Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi secara resmi menerima dua sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 untuk unit pelayanan Izin Tinggal Online (ITO) dan Manual Konsuler dari Presiden Direktur lembaga sertifikasi TÜV Rheinland, Nyoman Susila. Penyerahan dilakukan di puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kementerian Luar Negeri RI ke-71, Jumat (19/8)

Izin Tinggal Online (ITO) adalah unit pelayanan Direktorat Konsuler Kemlu untuk penerbitan izin tinggal diplomatik dan dinas asing secara online yang berhasil mempersingkat durasi pelayanan dari 14 hari menjadi 5 hari.

Sedangkan Manual Konsuler adalah pedoman pelaksanaan tugas pejabat dan staf fungsi konsuler yang didukung perangkat pemutakhiran data informasi dan konsultasi melalui website. Manual Konsuler versi cetak telah diluncurkan pada tanggal 29 Februari 2016, dan website pendukung diluncurkan pada tanggal 18 Agustus 2016. 

Sertifikasi ISO 9001:2015 tersebut didasarkan sistem manajemen mutu yang dilakukan secara konsisten guna memberikan pelayanan publik yang prima sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Dua sertifikasi terbaru ini menambah dua sertifikasi ISO 9001:2008 Kemlu sebelumnya yang diberikan oleh lembaga sertifikasi British Standard Institution (BSI) untuk sistem pelayanan paspor dan perizinan penerbangan di Direktorat Konsuler pada tahun 2015. 

Sertifikasi ISO dengan standar internasional unit pelayanan tersebut merupakan wujud komitmen Kementerian Luar Negeri dalam terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. (p/ab)