Kementerian ESDM: Realisasi Konsumsi BBM dan LPG Sesuai Prediksi

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi penjualan Bahan Bakar Minyak dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) pada kuartal I-2016 masih dalam batas yang wajar. Tercatat realisasi penjualan BBM mencapai 11,7 kilo liter (kl) dan LPG mencapai 1,6 juta metrik ton.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengatakan realisasi konsumsi BBM dan LPG dalam tiga bulan pertama 2016 sesuai prediksi dan tidak melebihi target.. 

"Semua berjalan cukup baik terealisasi total BBM 11,7 juta kl. Kalau LPG kita sudah mengonsumsi tiga bulan pertama ini 1,6 juta metrik ton. LPG masih di dalam rencana kita. Tidak melebihi kuota," ujanya di Jakarta, Jumat (8/4/2016) 

Sedangkan, badan usaha penyalur BBM, seperti PT Pertamina (Persero), AKR Corporindo telah melaporkan semua penjualannya BBM dan LPG-nya selama tiga bulan. Total penjualan Pertamina untuk BBM selama tiga bulan sebesar 10,6 juta kl dan LPG sebesar 1,6 juta metrik ton. Sedangkan, badan usaha selain Pertamina mencatat penjualan BBM sebanyak 1,06 juta kl. 

Pemerintah pun mengapresiasi karena hasil laporannya menyatakan distribusi dan penyediaan BBM dan LPG selama tiga bulan ini berjalan dengan baik. "Penjualan BBM dan LPG 2016 ini Pemerintah mengapresiasi kepada Pertamina, AKR karena telah menjaga distribusi, penyediaan terjaga dengan baik," pungkasnya. (ip/mk)