nusakini.com-Jakarta-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) terus berkomitmen mewujudkan transformasi pelayanan informasi. Melalui #EnergiKolaborasi, sebuah kampanye khusus yang mengusung transformasi komunikasi di era digital, Kementerian ESDM berkolaborasi dengan generasi milenial dan stakeholder sektor energi.

Suksesnya kolaborasi ini dibuktikan dengan raihan penghargaan "Insan Humas/Public Relation (PR) Berpengaruh Tahun 2021" dari PR Indonesia yang dihelat pada acara Jambore PR Indonesia, sebuah ajang penghargaan bagi praktisi Humas/Public Relations terbesar di Indonesia.

"Para pemenang kategori ini merupakan sosok pemimpin humas, biro/departemen komunikasi, corporate communication, public relations dengan tingkat popularitas yang baik, sejalan dengan reputasi positif korporasi/institusinya," ujar Founder dan CEO PR Indonesia, Asmono Wikan, Jumat (10/12).

Kepala Biro KLIK, Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil kerja bersama seluruh insan humas di Kementerian ESDM yang terus melakukan inovasi dan kreativitas di tengah era transformasi komunikasi digital. Menurutnya, Kementerian ESDM berupaya adaptif terhadap perkembangan era digital saat ini, termasuk mengawal kebijakan transisi energi yang sudah menjadi kesepakatan global.

"Raihan ini membuktikan bahwa insan humas Kementerian ESDM mampu menjaga efektivitas penyampaian informasi dan komunikasi kepada publik. Berbagai kanal layanan informasi akan terus kami optimalkan dengan baik," tutur Agung.

Sebagai informasi, aspek penilaian untuk kategori penghargaan Insan Humas/Public Relation Berpengaruh Tahun 2021 yaitu dilihat dari popularitas dan kinerja. Insan pemenang merupakan praktisi humas/PR yang memiliki popularitas yang baik. Titik beratnya adalah kuantitas eksposur di 7.198 media online local, 1.032 media online nasional, dan 2.347 media online internasional, dan media sosial (Twitter, Facebook, dan Instagram), serta kualitas dari eksposur tone pemberitaan yang positif.

Anugerah penghargaan Insan Humas/Public Relation Berpengaruh Tahun 2021 dari PR Indonesia ini juga turut melengkapi capaian kehumasan Kementerian ESDM di tahun ini. Sebelumnya pada November 2021, PR Kementerian ESDM mendapat pengakuan internasional, khususnya di kalangan organisasi kehumasan Asia Tenggara setelah menyabet Silver Award pada kategori Best Public Relation (PR) Campaign. (rls)