Kementerian Agraria: Pancasila Sudah Menjadi Bintang Pemandu Bangsa Indonesia

By Admin


nusakini.com - Jakarta – Tahun ini, Republik Indonesia akan merayakan kemerdekaannya yang ke-73. Dalam periode tersebut, Pancasila telah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia serta sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

“Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” demikian kata Sekretaris Jenderal, Himawan Arief Soegoto saat membacakan Pidato Presiden RI pada Upacara Peringatan Hari Pancasila Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Jum’at (1/6).

Indonesia sebagai bangsa majemuk yang memiliki ragam budaya. Indonesia memliki 714 suku bangsa dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang digunakan sebagai Bahasa sehari-hari masyarakat. Dengan keadaan tersebut, Himawan mengutarakan bahwa semangat persatuan merupakan dasar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin,” ujar HImawan.

Dalam Bulan Ramadan ini, Himawan mengajak kepada jajaran Kementerian ATR/BPN agar selalu memperkuat etos peduli serta berbagi dengan sesama. “Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa agar terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Himawan.

Menutup sambutannya, Himawan berpesan kepada jajaran Kementerian ATR/BPN agar mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya,” kata Himawan. (p/ma)