nusakini.com--Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menargetkan industri komponen di Indonesia harus bisa melampaui Thailand."Targetnya lima tahun kedepan. Salah satu caranya, yaitu membuat iklim investasi di sektor ini lebih bergairah," IGusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) di acara Focus Group Discussion FKIN di Cibitung, Jumat (29/4/2016). 

Putu menambahkan dalam menciptakan iklim investasi bisa dibantu oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Tugasnya, yakni membuat investor asing bisa melakukan investasi di dalam negeri.

"Pihak BKPM harus bisa membuat para investor asing mau berinvestasi lebih banyak lagi di Indonesia. Sebab, potensi kita ini cukup besar," kata Putu

Sementara itu, Husein Maulana, Direktur Fasilitasi Promosi Daerah BKPM menjelaskan, otomotif merupakan industri yang sangat penting dan berkembang di Indonesia. Belakangan, banyak juga perusahaan berinvestasi, salah satu paling besar, yakni SAIC-GM-Wuling.

"Dari sisi promosi kita sifatnya agresif dan kita terus-menerus melakukan perbaikan dalam hal pelayanan sehingga investor asing yang mau berinvestasi lebih mudah," kata Husein.

Menurut Husein, saat ini BKPM menyediakan fasilitas agar para investor asing bisa berkonsultasi sebelum investasi. Sehingga, tidak perlu lewat kementerian terkait dan prosesnya juga semakin cepat.

"Jadi misalnya investor itu mau berinvestasi di Indonesia, dengan datang ke BKPM bisa lebih cepat dan mudah melakukan investasinya. Sebab dalam hitungan jam sudah mengantongi izinnya," ujar Husein.

Jika perusahaan tersebut sudah mendapatkan izin dari BKPM, maka bisa langsung mendirikan bangunan, khususnya di 14 wilayah industri di seluruh Indonesia.(ab)