Kemenkominfo Buka Sayembara Aplikasi untuk Majukan Desa

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membuka sayembara “Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT)”. Sayembara ini merupakan kompetisi untuk mencari aplikasi yang bisa memajukan desa pertanian, nelayan, dan pedalaman.

Menurut Menkominfo Rudiantara, tahap awal kompetisi ini adalah dengan mengumpulkan sebanyak mungkin ide yang akan disaring menjadi 50 aplikasi terbaik. Siapapun bisa mengajukan ide tersebut melalui https://solusi.broadband-desa.go.id  

Tentu saja, kata Menkominfo, ide-ide yang diajukan akan melalui sejumlah saringan. Setelah lolos tahap 50 besar, akan ada tahap berikutnya menjadi 25 aplikasi, dan disaring lagi hingga hanya ada enam solusi. 

Solusi tersebut mesti sangggup mencakup berbagai masalah, contohnya di lingkup mata pencaharian, akses layanan kesehatan, akses layanan keselamatan, atau akses layanan keamanan. Adapun solusi yang diharapkan terkait komponen meliputi jaringan, perangkat, aplikasi, pendampingan, dan implementasi.

“Ini upaya kita mencari solusi, salah satunya ya dengan cara seperti ini. Mudah-mudahan bisa ketemu. Bangsa kita optimis dan pasti akan bisa menemukan solusi untuk desa tertinggal,” ujar Rudiantara, (Jumat 15/4/2016).

Satu hal terpenting dari ide tersebut, yaitu kesiapan usaha rintisan digital untuk memberikan pendampingan. Mereka mesti bantu mengajarkan pemahaman soal teknologi dan cara pemakaian aplikasi buatannya pada masyarakat daerah terpencil. (mk)