Kemenkeu Gandeng 17 PTN dalam Edukasi Keuangan Negara

By Admin

nusakini.com--Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggandeng perguruan-perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menyosialisasikan pemahaman pengelolaan keuangan negara kepada masyarakat, khususnya di kalangan mahasiswa. Setelah melakukan kerja sama dengan 16 PTN kemarin., Kemenkeu melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). 

MoU tentang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia di bidang pengelolaan keuangan negara tersebut ditandatangani oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan Sumiyati dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi di kampus ITB, Bandung.

Secara rinci, MoU tersebut mengatur kerja sama dalam penyelenggaraan mata kuliah di bidang keuangan negara, yang antara lain meliputi anggaran negara, perbendaharaan negara, perpajakan, kepabeanan dan cukai, dan kekayaan negara. 

Dengan adanya sinergi ini, Kemenkeu dan PTN di Indonesia bersama-sama bertekad memajukan ilmu keuangan negara, yang akan mempercepat proses munculnya tenaga-tenaga ahli di bidang keuangan negara. 

Dalam sambutannya, Kepala BPPK menyatakan kesanggupan Kemenkeu, termasuk dukungan sumber daya manusia untuk mendukung sosialisasi keuangan negara ini. "Pada prinsipnya kami siap bekerja sama, dan kalau membutuhkan dukungan dari Kementerian Keuangan dengan adanya MoU ini, maka pejabat-pejabat atau pegawai Kemenkeu akan siap ditugaskan, dan kami (BPPK) siap memfasilitasi," katanya. 

Sementara itu, Rektor ITB menyambut baik sosialisasi dan pengembangan sumber daya manusia di bidang keuangan negara ini. "Apa yang sudah ditandatangani bersama tadi itu, menandai adanya suatu komitmen bersama. Saya sebut baik, untuk membuat ITB memperkenalkan keuangan negara," ujarnya. 

Sebagai informasi, sebelum menjalin kerja sama dengan ITB, Kementerian Keuangan, dalam hal ini BPPK sebagai center of excellence di bidang pendidikan dan pelatihan keuangan negara, telah secara aktif menjalin kerja sama serupa dengan 16 PTN lain sepanjang tahun 2016. Ke-16 PTN tersebut yaitu Universitas Sriwijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Udayana, Universitas Padjajaran, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Mulawarman, Universitas Riau, Universitas Nusa Cendana, Universitas Sebelas Maret, Universitas Lampung, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, Universitas Diponegoro, Universitas Andalas, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Tanjungpura.(p/ab)